Dark/Light Mode

Dubes RI Meidyatama Serahkan Surat Kepercayaan, Sampaikan Salam Presiden Jokowi

Senin, 18 September 2023 07:59 WIB
Dubes Meidyatama Suryodiningrat bersama Presiden Klaus Iohannis setelah menyerahkan surat kepercayaan di Istana Kepresidenan Cotroceni di Bucharest, Kamis (14/9). (Foto: Dok. KBRI Bucharest)
Dubes Meidyatama Suryodiningrat bersama Presiden Klaus Iohannis setelah menyerahkan surat kepercayaan di Istana Kepresidenan Cotroceni di Bucharest, Kamis (14/9). (Foto: Dok. KBRI Bucharest)

 Sebelumnya 
Mantan Direktur Utama Perum Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara ini menjelaskan, hubungan ekonomi dan perdagangan Indonesia dan Rumania berjalan dengan baik.

Baca juga : Amran Diskusi Empat Mata Dengan Presiden Jokowi, Bahas Apa?

Data KBRI Bucharest menunjukkan, perdagangan bilateral kedua negara pada 2022 mencapai 158,9 juta dolar AS (Rp 2,4 triliun), meningkat 14,6 persen. Sementara menurut Kantor Presiden Rumania, pada pertemuan dengan Meidyatama, Presiden Iohannis menyambut baik dinamika hubungan bila-teral yang baik dalam beberapa tahun terakhir.

Baca juga : Menteri Hadi Tjahjanto Serahkan Sertipikat Tanah Seminari Labuan Bajo

Presiden Rumania juga menyoroti minat mendiversifikasi hubungan kedua negara dengan memanfaatkan peluang di sejumlah bidang. Seperti lingkungan perdagangan dan bisnis, teknologi, termasuk sektor teknologi dan informasi, dan respons situasi darurat.

Baca juga : Penulis Hamid Basyaib Terbitkan Buku 8 Pemikiran Strategis Ganjar Pranowo

“Pendidikan merupakan salah satu bidang yang memiliki potensi besar yang harus di-manfaatkan, berdasarkan tradisi panjang dan semakin banyaknya pelajar Indonesia yang memilih negara kita untuk belajar,” ujar Iohannis dalam pernyataannya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.