Dark/Light Mode

Ikut Festival Of The Archipelago

Pemprov DKI Promosikan Batik Gobang Khas Betawi Di Paris

Kamis, 5 Oktober 2023 16:09 WIB
Pemerintah Provinsi Pemprov DKI Jakarta mempromosikan Batik Gobang pada penyelenggaraan Fête de lArchipel Festival of The Archipelago yang berlangsung di Paris, Prancis, pada 29 September hingga 5 Oktober 2023. (Foto: Ist)
Pemerintah Provinsi Pemprov DKI Jakarta mempromosikan Batik Gobang pada penyelenggaraan Fête de lArchipel Festival of The Archipelago yang berlangsung di Paris, Prancis, pada 29 September hingga 5 Oktober 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mempromosikan Batik Gobang pada penyelenggaraan Fête de l'Archipel (Festival of The Archipelago) yang berlangsung di Paris, Prancis, pada 29 September hingga 5 Oktober 2023. Batik Gobang dipilih karena merupakan Batik Betawi yang merupakan kain khas Jakarta.

“Kami mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini. Selain mampu memperkenalkan Batik Betawi dan kuliner khas Nusantara, kegiatan ini secara tidak langsung juga mendukung peningkatan pariwisata dan ekonomi kreatif Jakarta," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta Andhika Permata dalam keterangannya, Kamis (5/10).

Festival Archipelago diselenggarakan oleh KBRI Paris yang juga melibatkan pemerintah, kelompok bisnis, masyarakat Indonesia, dan diaspora, sebagai promosi ekonomi dan perdagangan, promosi kuliner, forum bisnis, dan malam budaya. 

Baca juga : Polusi Masih Tinggi, Pemprov DKI Klaim Kasus ISPA Di Jakarta Menurun

Batik Gobang juga ditampilkan bersama delapan jenama/merek asal Indonesia pada agenda Paris Fashion Week, yaitu Showroom Premiere Classe pada 4 Oktober 2023. 

Batik Gobang Jakarta adalah jenama untuk batik khas Betawi yang berfokus pada batik Betawi klasik. 

Gobang sendiri memiliki makna berupa senjata orang Betawi pada masa lalu dan mata uang zaman dulu.

Baca juga : Ibu Kota Pindah, Pemprov DKI Nggak Kendor Benahi Transportasi Publik

Andhika mengatakan selain membawa karya desainer Batik Gobang, Pemprov DKI juga  menggandeng Chef Marinka sebagai perwakilan Jakarta pada Festival of The Archipelago. 

Batik Gobang dan Chef Marinka diharapkan dapat mempromosikan potensi industri kreatif Jakarta di subsektor fesyen dan kuliner.

Menurutnya Festival of The Archipelago dapat mendorong masyarakat untuk dapat mengenal Indonesia, terutama Jakarta lebih dalam, sehingga menggali potensi kerja sama dan meningkatkan citra Indonesia di Prancis.

Baca juga : Dubes Belanda Lambert Grijns Promosikan Budaya Kampung Halaman

“Harapannya, semoga Jakarta dapat menjalin kerja sama dengan Paris di masa mendatang, terutama yang berkaitan dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” ungkapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.