Dark/Light Mode

Siapa Yang Mewarnai DPR 2024?

Selasa, 29 Agustus 2023 06:06 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

RM.id  Rakyat Merdeka - “Keluarga politisi” sepertinya masih akan mendominasi DPR hasil Pemilu 2024. Dari daftar caleg sementara yang sudah diumumkan, ada beberapa calon anggota DPR, DPRD, DPD yang berasal dari satu anggota keluarga.

Kalau Pemilu 2019 DPR didominasi para pengusaha, apakah keluarga politisi akan mewarnai DPR 2024? Menarik ditunggu, kalau misalnya anggota DPR juga menjadi anggota arisan keluarga.

Baca juga : Senjata Baru Lawan Korupsi

Anggota keluarga ini bisa dikerucutkan lagi: keluarga pengusaha, keluarga politisi, keluarga pejabat, mantan pejabat atau keluarga lainnya.

Pada Pemilu 2019 banyak anggota yang berlatar belakang pengusaha. Berdasarkan catatan Indonesia Corruption Watch (ICW), jumlahnya mencapai 42,3 persen.

Baca juga : Pengkhianatan Tak Pernah Basi

Komposisi DPR 2024 masih tanda tanya. Hanya saja, seperti disampaikan Komisi Pemilihan Umum (KPU), ada beberapa mantan napi, termasuk napi korupsi, yang terdaftar sebagai bakal caleg DPR dan DPD.

Jumlahnya 67 orang. Rinciannya: 52 orang menjadi bacaleg DPR dan 15 bakal calon DPD. Sebarannya ada di hampir semua parpol. Namun, ada beberapa partai baru yang tak napi (korupsi).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.