Dark/Light Mode

Dubes Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva Boyong Penyanyi Soprano Ke Jakarta

Kamis, 9 November 2023 06:44 WIB
Duta Besar Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva (memegang mik) bersama tim M Turetsky Choir and Soprano, di Soehanna Hall, Jakarta, Senin (6/11/2023). (Foto Kartika Sari/Harian Rakyat Merdeka/RM.id)
Duta Besar Rusia Lyudmila Georgievna Vorobieva (memegang mik) bersama tim M Turetsky Choir and Soprano, di Soehanna Hall, Jakarta, Senin (6/11/2023). (Foto Kartika Sari/Harian Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Georgievna Vorobieva memboyong penyanyi soprano ternama, dari kampung halamannya. Grup penyanyi dari Moskow bernama M Turetsky Choir and Soprano itu, tampil di Soehanna Hall, Jakarta, Senin (6/11/2023). Mereka terdiri dari 8 laki-laki dan 5 perempuan.

Mereka menyanyikan 24 lagu berbahasa Rusia. Meski demikian penonton dapat menikmati penampilan energik grup musik sopran tersebut. Vorobieva sangat mengapresiasi pertunjukan M Turetsky Choir and Soprano tentang persatuan. Menurutnya, ini sangat bermakna di tengah dunia yang kini terpecah-belah.

 “Pertama-tama saya ucapkan terima kasih. Penampilan yang sangat fantastis. Saya pikir semua akan merasakan perasaan bahagia hari ini. Kami sangat beruntung bisa kedatangan Turetsky Choir and Soprano di Jakarta,” kata Vorobieva.

Baca juga : Dubes Australia Boyong 2 Desainer Lokal Tampil Di Jakarta Fashion Week

“Saya pikir Unity Song sangat bermakna. Terkhusus sekarang ini, di dunia yang terbagi. Kita bisa melihat unity in diversity. Terima kasih,” lanjutnya.

Salah satu penyanyi bernama Katerina mengatakan, tidak merasa khawatir saat mereka bernyanyi dengan Bahasa Rusia di Jakarta. Karena baginya musik itu universal dan tidak memiliki batasan.

Katerina sudah bergabung dengan grup musik ini selama delapan tahun. Ia mengatakan, musik adalah bahasa internasional. Menurutnya, suara yang disampaikan dari hati akan mudah dipahami siapapun.

Baca juga : Pos Indonesia Kolaborasi Kemenag Dorong Peningkatan Layanan Pendidikan

“Musik tidak memiliki batas. Musik berasal dari perasaan, sesuatu dari dalam diri, sesuatu yang berasal dari jiwa. Oleh sebab itu kita tidak mengkhawatirkan apapun,” katanya.

Katerina mengaku menyukai orang Indonesia. Dia menilai, orang Indonesia baik dan selalu tersenyum. Melihat semua orang ikut bernyanyi menjadikan ini pengalaman yang tidak akan dia lupakan.

“Semua orang bernyanyi dengan kami, sangat menyenangkan. Penonton kami sangat hangat dan baik. Ini pertama bagi kami di Indonesia. Pengalaman yang sangat berharga,” tuturnya.

Baca juga : Dubes Hungaria Lilla Karsay Resmikan Pojok Buku Di Jakarta

Penyayi lain, Tamara, mengatakan, musik mengkoneksikan tidak hanya bahasa, tapi juga benua. Tamara sudah bergabung dengan grup musik ini selama 15 tahun. Menurutnya, grup musik M Turetsky Choir and Soprano sudah pernah tampil di Amerika Serikat (AS), Amerika Latin, Jepang hingga China.

“Kami mencoba menyatukan hati dan bahkan benua dengan bantuan musik. Jika mereka tidak memahami lagunya, mereka bisa merasakan emosi kami dari dasar hati yang paling dalam,” pungkasnya.

Sebelumnya, mereka telah tampil di Thailand. Dari Indonesia, mereka akan melanjutkan turnya ke Vietnam, Laos, dan China.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.