Dark/Light Mode

Dubes Hungaria Lilla Karsay Dorong Kerja Sama Bisnis Di HunIndoTech 4.0

Rabu, 15 November 2023 07:10 WIB
Dubes Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay.
Dubes Hungaria untuk Indonesia Lilla Karsay.

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Hungaria untuk Indonesia, Lilla Karsay, mendorong peningkatan bisnis antara Indonesia dan Hungaria di forum bisnis HunIndoTech 4.0, Selasa (14/11/2023). Ia mengatakan, melalui forum ini Kedutaan Besar Hungaria bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia akan memfasilitasi perusahaan-perusahaan kedua negara, membangun jaringan dan menciptakan kemitraan strategis yang saling menguntungkan.

“Hungaria dan Indonesia memiliki hubungan baik lebih dari 68 tahun. Penyelenggaraan HunIndoTech 4.0 Business Forum, mencerminkan kian dinamisnya hubungan Hungaria-Indonesia,” ujar Karsay di Hotel Westin, Jakarta.

HunIndoTech merupakan forum rutin yang menunjukkan komitmen Hungaria untuk mempererat hubungan kedua negara. Khususnya melalui pemanfaatan dan penerapan solusi teknologi canggih.

Karsay meyakini, forum bisnis ini juga sejalan dengan ambisi Indonesia untuk menjadi negara maju di 2045. Dia berharap, investasi dan Forum Bisnis HunIndoTech mampu mengakselerasi pembangunan di Indonesia untuk mencapai target di 2045.

Baca juga : Pertamina NRE Dan VKTR Kerja Sama Percepat Transisi EV Di Indonesia

“Hungaria mendukung tercapainya Visi Indonesia Emas untuk menjadi salah satu kekuatan ekonomi terbesar dunia di 2045,” kata terang Karsay.

Forum Bisnis HunIndoTech juga dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia (PUPR RI), Basuki Hadimuljono.

Investasi Tol Nirsentuh

Sebagai informasi, Hungaria belakangan tengah meningkatkan investasinya di Indonesia, terutama dalam hal solusi teknologi digital. Investasi Hungaria ini dilakukan melalui proyek Multi Lane Free Flow (MLFF). Juga sistem pembayaran tol nontunai nirsentuh yang menjadi proyek strategis nasional (PSN).

Proyek ini dikerjakan PT Roatex Indonesia Toll System, perusahaan patungan Hungaria dan Indonesia. Proyek MLFF yang akan melakukan uji coba dalam waktu dekat ini menelan investasi sekitar 300 juta dolar AS.

Baca juga : Kemenkes-TNI Perpanjang Kerja Sama Bangun Kesehatan Indonesia

“MLFF menjadi kisah sukses dalam perdagangan dan investasi luar negeri Hungaria pada 2021. Ini adalah ekspor transfer teknologi terbesar dalam sejarah ekonomi modern Hungaria,” ungkap Karsay.

Sementara Menteri PUPR mengatakan, uji coba transaksi tol tanpa setop ini akan berlangsung pada minggu kedua Desember 2023. Uji coba akan berlangsung di Tol Bali Mandara. Uji coba di Bali akan berjalan selama dua minggu, untuk kemudian dievaluasi.

Basuki menambahkan, jika proyek ini berhasil dan berjalan dengan baik di Bali, uji coba akan dilanjutkan ke enam ruas tol di Jakarta. Namun ia belum merinci lokasi ruas tol tersebut.

Basuki menambahkan, pengembangan infrastruktur menjadi konsentrasi penting bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Bisnis Pasir Silika Tanah Air

“Kementerian PUPR berperan signifikan memastikan ketersediaan infrastruktur dasar, seperti akses jalan, suplai air, dan kantor-kantor Pemerintah,” ujarnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.