Dark/Light Mode

50 Tahun Hidup Cuma Minum Air

Sabtu, 2 Desember 2023 07:32 WIB
Bui Thi Loi menunjukan isi kulkasnya yang dipenuhi air dan minuman manis. (Foto Tran Anh/Oddity Central)
Bui Thi Loi menunjukan isi kulkasnya yang dipenuhi air dan minuman manis. (Foto Tran Anh/Oddity Central)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wanita lanjut usia (lansia) di Vietnam ini mengaku bertahan hidup selama 50 tahun hanya dengan minum, dan tampak bugar di usia senja. Pola makan tidak biasa itu dijalani Bui Thi Loi (75), dari komune Loc Ninh, di Provinsi Quang Binh, Vietnam.

Dilansir Oddity Central, Bui Thi Loi mengaku pernah tersambar petir pada 1963 saat mendaki gunung, untuk merawat tentara yang terluka selama perang Vietnam. Thi Loi pun pingsan.

Baca juga : 5 Tahun Putar Musik Berisik

Meskipun selamat, kondisi dia tidak pernah sama lagi setelah itu. Thi Loi tidak makan apa pun selama berhari-hari setelah sadar. Karena itu, teman-temannya mulai memberinya air manis.

Beberapa tahun setelah kejadian itu, Bui Thi Loi mulai memakan makanan padat, terutama buah-buahan. Namun dia tidak pernah benar-benar merasa butuh dengan makanan tersebut.

Baca juga : 60 Tahun Nggak Tidur

Pada 1970, dia mulai menghindari makanan padat selamanya. Kulkas dan freezer-nya bahkan hanya berisi botol-botol air dan minuman ringan manis.

Meski mengklaim bahwa bau makanan membuatnya mual, Bui Thi Loi selalu memasak untuk anak-anaknya. Karena pola makannya yang tidak biasa, ia tidak pernah bisa menyusui anak-anaknya dan harus meminta susu kepada orang lain.

Baca juga : Perang Hidup Dan Mati?

Menurut dokter dari Departemen Gizi di Rumah Sakit Persahabatan Vietnam-Kuba di Dong Hoi, minuman ringan manis membantu mengisi kembali energi tubuh dengan cepat pada saat dibutuhkan. Juga mendukung fungsi sistem pencernaan tubuh.

Namun, dokter menekankan bahwa minuman bersoda dapat berbahaya bagi kesehatan manusia dan dapat menyebabkan masalah seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.