Dark/Light Mode

Ini Harapan Dubes Chile, Kanada, Denmark Terhadap Hubungan Diplomatik Dengan RI

Jumat, 8 Desember 2023 14:18 WIB
Para Duta Besar LBPP dari 10 negara sahabat foto bareng, usai menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/12/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)
Para Duta Besar LBPP dari 10 negara sahabat foto bareng, usai menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/12/2023). (Foto: Humas Setkab/Agung)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa penuh (LBBP) dari 10 negara sahabat menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (8/12/2023).

Dalam keterangannya, sejumlah duta besar menyampaikan pandangannya untuk memperkuat hubungan diplomatik dengan Indonesia dalam berbagai bidang, salah satunya perekonomian.

Berikut pandangan serta harapan Dubes Chile, Kanada, dan Denmark usai menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi:

Dubes Chile

Baca juga : Peringatan 50 Tahun Hubungan Diplomatik Korea-Indonesia Sukses Digelar

Dubes LBBP Designate Resident Republik Chile untuk Republik Indonesia, Mario Ignacio Artaza Loyola menyampaikan, Indonesia-Chile telah menjalin perjanjian kemitraan ekonomi yang komprehensif, sejak tahun 2019.

Dubes Mario siap menjalankan tanggung jawabnya, untuk terus mempererat kemitraan ekonomi kedua negara. “Indonesia memiliki 60 persen penduduk yang berusia di bawah 30 tahun. Jelas bagi Chile, Indonesia merupakan pasar barang, jasa, dan investasi yang sangat besar,” kata Mario.

Dubes Kanada

Dubes LBBP Designate Resident Kanada untuk Republik Indonesia, Jess Dutton menyatakan telah diberikan mandat untuk memperkuat hubungan diplomatik Kanada dan Indonesia, yang telah terjalin lebih dari 70 tahun.

Baca juga : Beri Penghargaan Kepada Pegiat Hubungan Persahabatan Kedua Negara

Menurutnya, Indonesia dan Kanada telah berkolaborasi menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, transisi energi, serta perdamaian dan keamanan global.

“Saya tahu, dengan bekerja sama, kita akan mencapai banyak hal,” ujar Jess.

Dubes Denmark

Duta Besar LBBP Designate Resident Kerajaan Denmark untuk Republik Indonesia, Sten Frimodt Nielsen mengatakan, Denmark dan Indonesia memiliki potensi penguatan kerja sama yang besar dalam bidang kemaritiman. Mengingat daratan kedua negara banyak dikelilingi oleh lautan.

Baca juga : Di Hadapan Ratusan Wisudawan, Rektor Unsada Ingatkan Ketatnya Persaingan Kerja

“Jika saya harus mengambil contoh, kerja sama maritim adalah bidang yang memiliki potensi sangat besar, untuk dikembangkan," ucap Dubes Nielsen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.