Dark/Light Mode

Polisi Gadungan Bantu Adik Nyontek Ujian

Senin, 4 Maret 2024 06:35 WIB
Anupam Madan Khandare yang nyamar jadi polisi gadungan untuk bantu adik nyontek saat ujian. Foto: ODDITY CENTRAL
Anupam Madan Khandare yang nyamar jadi polisi gadungan untuk bantu adik nyontek saat ujian. Foto: ODDITY CENTRAL

RM.id  Rakyat Merdeka - Niatnya sih baik: ingin menunjukkan rasa sayangnya kepada adik. Namun, cara sang kakak di India ini tak patut ditiru. Pasalnya, ia menyamar sebagai polisi demi membantu sang adik menyontek saat ujian.

Pria bernama Anupam Madan Khandare (24) ini sudah merancang aksinya secara matang. Dia berupaya membeli pakaian lengkap kepolisian.

Ujian Higher Secondary Certificate (HSC), momen penting bagi siswa di seluruh Negara Bagian Maharashtra di India. Ujian ini dimulai pada 21 Februari. Adik perempuan Khandare menjadi salah satu peserta pada ujian standar ke-12 itu.

Baca juga : Relawan Rabu Biru Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Bandang Demak

Khandare masuk ke sekolah di kota Patur itu tanpa ada yang mencurigainya. Dia berencana menyusup ke pusat ujian dengan dalih mengawasi para siswa. Saat itu, dia berniat memberikan informasi yang dibutuhkan adiknya, agar lulus ujian. Hanya saja hal-hal tidak berjalan sesuai rencana.

Saat dia bersiap melaksanakan rencananya, seorang inspektur polisi asli dan timnya juga tiba untuk mengamankan ujian penting di sekolah itu. Polisi gadungan itu berusaha memberi hormat kepada “atasannya”. Namun, sikap canggungnya langsung menimbulkan kecurigaan.

Polisi asli pun mulai memeriksa seragam Khandre secara menyeluruh. Namun, mereka melihat banyak atribut yang salah dikenakan si polisi gadungan ini.

Baca juga : Badan Geologi Minta Bangunan Di Banten Gunakan Kontruksi Tahan Gempa

Polisi gadungan itu pun akhirnya ditahan dan didakwa menyamar atas tuduhan pemalsuan pegawai pemerintah. Khandare terancam menghabiskan waktu di balik jeruji besi karena aksinya.

India termasuk negara yang masyarakatnya ditekankan untuk unggul secara akademis. Sehingga kecurangan, pemalsuan identitas, bahkan pembocoran mata pelajaran sudah menjadi hal lumrah.

Banyak masyarakat yang menilai bahwa sistem ini perlu dirombak, dengan penekanan pada pengawasan dan pemeriksaan yang lebih ketat. DAY

Baca juga : Politik Rem Dan Kaca Spion

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 6, edisi Senin, 04 Maret 2024 dengan judul "Polisi Gadungan Bantu Adik Nyontek Ujian"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.