Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Kenya Hery Saripudin Senang, Delegasi Merah Putih Sukses Di UNEA-6

Senin, 4 Maret 2024 06:56 WIB
Dubes Hery Saripudin (ketiga kanan) dalam pertemuan di forum, di United Nations Environment Assembly ke-6, di Nairobi, Kenya, 27 Februari 2024. (Foto: Istimewa)
Dubes Hery Saripudin (ketiga kanan) dalam pertemuan di forum, di United Nations Environment Assembly ke-6, di Nairobi, Kenya, 27 Februari 2024. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kenya Dr Mohamad Hery Saripudin senang, karena delegasi Indonesia sukses berpartisipasi dan memperjuangkan kepentingan nasional pada pertemuan The United Nations Environment Assembly ke-6 (UNEA-6).

Delegasi Indonesia dipimpin Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Dr Alue Dohong (Ketua Delegasi), dengan Dubes Hery (merangkap sebagai Alternate Ketua Delegasi), para pejabat KLHK, Kemenko Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarinves) serta KBRI Nairobi.

Acara yang digelar di Nairobi, Kenya itu bertema ‘Effective, inclusive and sustainable multilateral actions to tackle climate change, biodiversity loss and pollution’. UNEA6 diselenggarakan pada 26 Februari1 Maret 2024, di kantor pusat The United Nations Environment Programme (UNEP), Nairobi, Kenya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Thailand Rachmat Budiman Bidik Lowongan Kerja Buat WNI

UNEA yang beranggotakan 193 Negara Anggota PBB merupakan badan pengambil kepu tusan tertinggi di dunia untuk menetapkan prioritas kebijakan dalam mengatasi permasala lahan lingkungan global. Lebih dari 5.000 delegasi dari 139 Negara Anggota PBB, serta se kitar 60 menteri dan 50 pejabat setingkat wakil menteri/direktur jenderal hadir pada UNEA-6.

Dubes Hery mengatakan, UNEA6 merupakan platform untuk menentukan norma tentang bagaimana negara anggota menyikapi berbagai isu lingkungan.

“Sebagai pemilik hutan mangrove terbesar di dunia dengan keanekaragaman hayati yang sangat tinggi, Indonesia memberi teladan yang baik dan ’Lead by Example’, yang menjadi kontribusi penting mengatasi tantangan lingkungan global yang saling terkait (interlinkages),” ucap Hery.

Baca juga : Dubes RI Untuk China Djauhari Oratmangun Dampingi Dirjen Rapat Di Xiamen

“Indonesia mendorong sinergi antara proses dan inisiatif global pada berbagai platform multilateral, dengan pelibatan inklusif seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung pelestarian lingkungan dan mewujudkan dunia yang lebih hijau,” lanjutnya.

Di sela UNEA-6, delegasi Indonesia melaksanakan serangkaian pertemuan bilateral dengan delegasi Jerman, UAE, Korea Selatan, Belanda, Suriname, Jepang, Brazil, Norwegia, lembaga Convetionon Bio Diversity, ASEAN Centre for Biodiversity, dan International Council for Research in Agroforestry.

Selain itu, delegasi Indonesia juga berpatisipasi aktif dalam berbagai kegiatan paralel lainnya. Seperti sejumlah dialog, negosiasi, acara sampingan, makan siang/ makan malam kerja dan beberapa konsultasi informal, membahas tantangan dan bagaimana mengatasi masalah lingkungan hidup yang menjadi perhatian nasional, regional, dan global.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.