Dark/Light Mode

Kalah Telak Dari Trump Di Super Tuesday

Perjalanan Kampanye Haley Segera Berakhir

Kamis, 7 Maret 2024 06:20 WIB
Nikki Haley. Foto: Brian Snyder | Reuters
Nikki Haley. Foto: Brian Snyder | Reuters

 Sebelumnya 
Sementara para pemilih Trump sebagian besar berkulit putih, kebanyakan berusia di atas 50 tahun dan umumnya tidak memiliki gelar sarjana.

Meski tertinggal jauh dari Trump, Haley mencetak sejarah sebagai wanita pertama yang memenangkan pemilihan penda­huluan calon presiden dari Partai Republik di Washington DC (District of Columbia). Sebuah prestasi yang dia ulangi dengan kemenangannya di Vermont.

Namun, seiring terus bertam­bahnya suara yang masuk pada malam pemilihan Super Tues­day, peluangnya maju menjadi capres kubu GOP semakin kecil.

Baca juga : Eks Mensos Banyak Lupa

Sememtara Biden dan penda­hulunya, Trump, menikmati ke­menangan masing-masing dari satu negara bagian ke negara bagian lain pada Super Tuesday, yang semakin mengukuhkan pertarungan mereka lagi pada Pilpres November 2024.

Biden dan Trump masing-masing memenangkan Califor­nia, Texas, Alabama, Colorado, Maine, Oklahoma, Virginia, North Carolina, Tennessee, Ar­kansas, Minnesota, dan Massa­chusetts. Biden juga memenang­kan kontes Partai Demokrat di Utah, Vermont, dan Iowa.

Haley yang menang di Ver­mont, mengganjal kemenangan penuh Trump di Super Tuesday. Tetapi mantan Presiden AS itu memenangkan negara bagian lain yang seharusnya merupakan basis Haley. Yakni Virginia, Mas­sachusetts dan Maine, yang me­miliki banyak pemilih moderat.

Baca juga : Tisya Erni, Rebut Suami Orang Korea?

Hasil pemilihan pendahuluan ini membuat pertandingan ulang capres AS yang sudah bangkotan itu makin menjadi kenyataan. Baik Biden yang berusia 81 ta­hun maupun Trump yang berusia 77 tahun terus mendominasi par­tai mereka, di tengah keraguan para pemilih.

Satu-satunya kontes Super Tuesday yang Biden kalah adalah kaukus Partai Demokrat di Samoa, wilayah kecil AS di Samudera Pasifik Selatan. Biden dikalahkan kandidat yang tidak dikenal, Jason Palmer, dengan perolehan suara 51 berbanding 40.

Sementara kediaman Trump di Mar-a-Lago, Florida, penuh sesak dalam suasana pesta kemenangan. Di antara mereka yang hadir adalah para staf dan pendukungnya, termasuk rapper Forgiato Blow dan mantan ang­gota DPR dari North Carolina, Madison Cawthorn.

Baca juga : Prabowo Minta Dibantu Semua Orang

Kerumunan orang berteriak ketika Fox News, yang diputar di layar di sekitar ballroom, mengumumkan bahwa taipan real estate itu telah memenangkan pemilihan pendahuluan GOP di North Carolina.

“Mereka menyebutnya Super Tuesday karena suatu alasan,” kata Trump kepada para hadirin. Ia kemudian menyerang Biden terkait perbatasan AS-Meksiko dan penarikan pasukan AS dari Afghanistan. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Kamis, 07 Maret 2024 dengan judul "Kalah Telak Dari Trump Di Super Tuesday Perjalanan Kampanye Haley Segera Berakhir"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.