Dark/Light Mode

Gelontorin Dana Keamanan Rp 2,3 Triliun

Inggris Lindungi Warga Muslim

Selasa, 12 Maret 2024 06:20 WIB
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berbicara dalam Prime Minister’s Questions, di House of Commons di London, Inggris, 6 Maret 2024. PARLEMEN INGGRIS/REUTERS
Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berbicara dalam Prime Minister’s Questions, di House of Commons di London, Inggris, 6 Maret 2024. PARLEMEN INGGRIS/REUTERS

 Sebelumnya 
Inggris pun berencana mem­buat definisi resmi baru tentang ekstremisme untuk memastikan kelompok tersebut, yang tidak dapat menerima dana maupun dukungan dari negara.

Menteri Komunitas Michael Gove, yang akan menjelas­kan definisi baru tersebut mengatakan, beberapa demonstrasi pro-Palestina baru-baru ini di pusat Kota London diorganisir organisasi ekstremis. Namun, itu tidak berarti bahwa mereka yang ikut berunjuk rasa adalah ekstremis.

Baca juga : KPK Telusuri Pembelian Rumah Eks Stafsus SBY

“Ini berarti Anda bisa mulai bertanya-tanya, apakah Anda benar-benar ingin memberikan kepercayaan kepada organisasi ini,” ujar Gove kepada Sunday Telegraph.

Sebuah kelompok yang me­mantau kejahatan rasial terhadap komunitas Muslim bernama Tell MAMA, mencatat sekitar 2.010 insiden Islamofobia dalam em­pat bulan perang Gaza.

Baca juga : Kode Calon Suami

Jumlah itu yang tertinggi dan meningkat sebesar 335 persen dari 600 insiden yang tercatat di periode sama pada 2022-2023. Tindakan Islamofo­bia yang dimaksud mencakup perilaku kasar, ancaman, penyerangan, vandalisme, diskrimi­nasi, hingga ujaran kebencian.

Sebuah badan amal Yahu­di, Community Security Trust (CST), juga melaporkan peningkatan tajam dalam insiden anti-Semit di Inggris setelah serangan Hamas.

Baca juga : Soal Isu Jokowi Masuk Golkar, Banteng Kalem

Badan amal tersebut, yang memantau anti Semitisme di Inggris, mencatat 4.103 insiden kebencian anti-Yahudi sepanjang 2023, yang merupakan tertinggi sejak penghitungan 1984. Jumlah tersebut mewakili peningkatan 147 persen dari 1.662 insiden yang tercatat pada 2022. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Selasa, 12 Maret 2024 dengan judul "Gelontorin Dana Keamanan Rp 2,3 Triliun, Inggris Lindungi Warga Muslim"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.