Dark/Light Mode

Di Depan 70 Tokoh Pemuda Ethiopia, Dubes Al Busyra Basnur Bicara Sumpah Pemuda

Sabtu, 2 November 2019 15:16 WIB
Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur saat berpidato di hadapan 70 tokoh pemuda Ethiopia di KBRI Addis Ababa, Sabtu (2/11). (Foto: KBRI Addis Ababa)
Dubes RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika Al Busyra Basnur saat berpidato di hadapan 70 tokoh pemuda Ethiopia di KBRI Addis Ababa, Sabtu (2/11). (Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemuda sekarang tidak lagi hanya menjadi milik suatu bangsa dan negara tertentu, karena komitmen dan nasionalisme mereka tidak perlu diragukan lagi.

Pemuda di berbagai negara kini juga milik masyarakat dunia, dan menjadi bagian pelaku sangat penting dalam menjaga perdamaian, serta memajukan pembangunan internasional.

Indonesia telah membuktikan semua itu dengan berdasarkan jiwa dan semangat Sumpah Pemuda 1928.

Hal itu dikatakan Al Busyra Basnur, Duta Besar (Dubes) RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika dalam pidato inspirasionalnya yang disampaikan di hadapan 70 tokoh pemuda Ethiopia di KBRI Addis Ababa, Sabtu (2/11).

Baca juga : Presiden Djibouti Ismail Omar Guelleh Terima Dubes Al Busyra Basnur

Tokoh pemuda tersebut berasal dari Addis Ababa dan beberapa kota besar lain di Ethiopia.

Acara yang sengaja diadakan di salah satu taman KBRI Addis Ababa itu, diselenggarakan oleh Ethiopia-Indonesia Youth Association (EIYP), di bawah pimpinan Kalewongel Tesfaye. Bekerja sama dengan KBRI Addis Ababa.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Al Busyra Basnur menyampaikan berbagai perkembangan dan kemajuan peran pemuda Indonesia. Baik di tingkat nasional, regional, dan internasional. Serta kerja sama bilateral Indonesia dan Ethiopia di bidang kepemudaan.

 

Dubes Al Busyra Basnur (depan, tengah) foto bersama para pemuda Ethiopia, dalam acara yang merupakan bagian dari peringatan Hari Sumpah Pemuda 2019. (Foto: KBRI Addis Ababa)

Baca juga : Semangat Asia Afrika, Pemuda Ethiopia Genjot Kerja Sama Indonesia-Afrika

Ia juga mengimbau pemuda Ethiopia untuk meningkatkan kerja sama bilateral dengan Indonesia, terutama dengan partner mereka di Indonesia.

“Sejumlah tokoh mahasiswa dan pemuda Ethiopia, akan menghadiri Bali Democracy Students Conference yang diselenggarakan pemerintah Indonesia, dalam hal ini Kementerian Luar Negeri, di Bali tanggal 5-6 Desember mendatang,” kata Dubes Al Busyra.

Setelah pertemuan, pemuda tersebut berbincang-bincang dengan Dubes Al Busyra dan sejumlah pejabat KBRI, serta menyaksikan pameran foto di auditorium.

Pemuda Ethiopia menyampaikan kekagumannya terhadap peran dan perjuangan pemuda Indonesia, baik sebelum maupun setelah kemerdekaan.

Baca juga : Semangat Kemerdekaan, Warga Lokal Ikut Lomba 17-an

Pejabat Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, Ravky A Permato mengatakan, acara pertemuan Dubes RI dengan tokoh pemuda Ethiopia merupakan bagian dari kegiatan peringatan Sumpah Pemuda 2019, yang diselenggarakan KBRI Addis Ababa.

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk berbagi pengalaman, dan semangat Sumpah Pemuda kepada pemuda Ethiopia. Sebelumnya, sesuai arahan pusat, upacara bendera peringatan Hari Sumpah Pemuda telah diselenggarakan di KBRI Addis Ababa,” ujar Ravky. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.