Dark/Light Mode

Iran Serang Israel, Dewan Keamanan PBB Gelar Pertemuan Darurat Hari Ini

Minggu, 14 April 2024 11:07 WIB
Iran Serang Israel, Dewan Keamanan PBB Gelar Pertemuan Darurat Hari Ini

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Keamanan PBB dijadwalkan menggelar pertemuan darurat untuk membahas serangan drone dan rudal Iran terhadap Israel, Minggu (14/4/2024) pukul 16.00 waktu setempat.

Pertemuan itu digelar atas usulan Israel. Dalam suratnya kepada Presiden Dewan Keamanan PBB Vanessa Frazier, Israel mengatakan, serangan itu menimbulkan ancaman besar bagi perdamaian dan keamanan internasional.

Baca juga : Hadapi Arus Balik, ASDP Tingkatkan Keamanan Penumpang Di Bakauheni

Surat itu menuduh Iran melanggar kewajiban internasionalnya, dan menjadi arsitek ketidakstabilan selama bertahun-tahun melalui dukungannya untuk Hamas di Gaza, Hizbullah di Lebanon, dan Houthi di Yaman.

"Gravitasi dan volume serangan yang belum pernah terjadi ini, merupakan pelanggaran mencolok terhadap kedaulatan Israel, hukum internasional, dan resolusi Dewan Keamanan,” papar Israel dalam surat tersebut, seperti dikutip BBC.

Baca juga : Ini Bahaya Konsumsi Makanan Berlemak Secara Berlebihan Saat Lebaran

Israel juga meminta Dewan Keamanan PBB untuk menetapkan Korps Pengawal Revolusi Islam, yang merupakan cabang utama angkatan bersenjata Iran, sebagai organisasi teroris.

Dalam surat terpisah kepada Frazier, Iran membela diri. Mereka menyebut serangan ke Israel pada Minggu (14/4/2024) sebagai bentuk pertahanan diri, seperti diuraikan dalam Pasal 51 Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sekaligus sebagai tanggapan terhadap agresi militer Israel yang berulang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.