Dark/Light Mode

Pidato Di PBB, Founder SRE Soroti Peran Pemuda Dalam Revolusi Energi

Sabtu, 20 April 2024 15:55 WIB
Pendiri Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian saat berpidato di Pekan Keberlanjutan MU PBB, New York, AS, Jumat (19/4/2024). (Foto: Ist)
Pendiri Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian saat berpidato di Pekan Keberlanjutan MU PBB, New York, AS, Jumat (19/4/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pendiri Society of Renewable Energy (SRE) Zagy Yakana Berian menyampaikan peran penting pemuda dalam mendorong revolusi energi berkelanjutan. Hal tersebut disampaikan Zagy saat berpidato di acara Pekan Keberlanjutan Majelis Umum PBB, di New York, Amerika Serikat, Jumat, 19 April 2024. 

Dalam pidatonya, Zagy tidak hanya menekankan urgensi membatasi pemanasan global hingga 1,5 derajat celsius. Lebih jauh, ia menyampaikan bagaimana generasi muda telah memulai inisiatif-inisiatif kreatif yang menggabungkan teknologi dan kekuatan alam untuk mengatasi tantangan perubahan iklim.

"Hari ini, saya ingin berbagi kekuatan dari inisiatif yang dipimpin oleh pemuda," kata Zagy, dalam bahasa Inggris. 

Zagy menekankan pentingnya peran aktif pemuda di sektor energi. Kata dia, pemuda tidak hanya sebagai pengamat tetapi sebagai pelaku.

Baca juga : Di CERAWeek, Pertamina Paparin Strategi Pertumbuhan Ganda Penuhi Energi Nasional

Zagy memaparkan tiga nilai utama yang diusung oleh pemuda dalam upaya revolusioner ini. Kata dia, pemuda memiliki pendekatan yang berbeda, menyeluruh, dan transparan.

"Sudah lima tahun kami berdiri bersama masyarakat untuk memahami komitmen investasi mereka. Saya mengakui adanya tantangan ke depan, namun saya yakin bahwa generasi Anda dan kami dapat bersama-sama menciptakan perubahan dan ketahanan," ujarnya.

Mengakhiri pidatonya, Zagy mengungkapkan optimisme yang kuat untuk masa depan yang lebih hijau. 

"Kami siap untuk berbagi masa depan hijau dengan generasi hijau. Terima kasih," pungkasnya. 

Baca juga : Pidato Di Korsel, Menlu Retno Singgung Penerapan AI Dalam Demokrasi

Pidato Zagy ini memberikan perspektif baru dan semangat dalam perjuangan global untuk keberlanjutan energi. Dengan ide dan inovasi baru dari generasi muda, prospek masa depan energi berkelanjutan tampaknya akan terus membaik.

Zagy hadir dalam acara United Nations General Assembly Sustainability Week yang digelar 15-19 April 2024.

Mengutip situs PBB, Pekan Keberlanjutan Majelis Umum PBB (United Nations General Assembly Sustainability Week) adalah serangkaian acara yang diselenggarakan selama sesi Majelis Umum PBB, yang fokus pada isu-isu keberlanjutan global. Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan diskusi dan kerja sama internasional dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals, SDGs). Tujuan ini meliputi berbagai aspek seperti pengentasan kemiskinan, pendidikan berkualitas, kesetaraan gender, air bersih dan sanitasi, energi terbarukan, serta aksi iklim.

Selama sepekan tersebut, negara-negara anggota PBB, lembaga internasional, sektor swasta, dan organisasi non-pemerintah berkumpul untuk membahas kemajuan, tantangan, dan jalur ke depan dalam implementasi SDGs. Acara ini menjadi penting karena memberikan kesempatan bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi dan berbagi praktik terbaik serta inovasi dalam mencapai keberlanjutan global.

Baca juga : Di Sidang PBB, Ketum Kowani Tegaskan Pentingnya Kesetaraan Gender Dalam Keluarga

Dalam acara ini, hadir sejumlah pembicara seperti pemimpin negara anggota, pejabat tinggi PBB, pemimpin organisasi internasional, pemimpin sektor swasta, dan pemimpin LSM dan organisasi sipil serta ahli dan akademisi. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.