Dark/Light Mode

Terus Ditekan, Malah Makin Menyebar

Gerakan Mahasiswa Dukung Palestina Meluas Ke Eropa

Senin, 29 April 2024 06:20 WIB
Demo di kampus elite Prancis (Foto: AP Photo/Michel Euler)
Demo di kampus elite Prancis (Foto: AP Photo/Michel Euler)

 Sebelumnya 
Di depan gedung utama UCL, para mahasiswa meneriakkan “Jangan ada lagi uang untuk kejahatan Israel”.

Para pendemo ini juga mem­bacakan nama-nama akademisi Palestina yang terbunuh dalam aksi balasan Israel selama berbu­lan-bulan atas serangan Hamas pada 7 Oktober.

Pihak kampus pun menutup semua gedung universitas dan memindahkan kelas secara on­line pada pada Jumat.

Baca juga : KPK Tutup Sementara Rutan Pomdam Jaya Dan Puspomal

Seorang pengunjuk rasa, Louise, mengatakan, aksi para mahasiswa tersebut terinspirasi oleh demo serupa di Universi­tas Columbia, New York dan kampus-kampus AS lainnya.

“Tetapi solidaritas kami tetap menjadi yang pertama dan teru­tama terhadap rakyat Palestina,” ujar Louise kepada Reuters.

Mahasiswa yang mempro­tes perang Israel-Hamas telah melakukan demonstrasi di Uni­versitas Columbia, salah satu dari sejumlah demonstrasi yang mengguncang kampus-kampus elite di AS. Ratusan mahasiswa dan bahkan beberapa profesor telah ditangkap di seluruh AS gara-gara ikut demo ini.

Acara Biden Diserbu Pendemo

Baca juga : Jangan Biarkan Petani Menjerit

Aksi pro Palestina di Negeri Paman Sam tidak berhenti di kampus-kampus saja. Sejumlah pendemo dilaporkan menggang­gu acara makan malam yang diadakan Presiden AS, Joe Biden di Gedung Putih, Sabtu (27/4/2024).

Sebelum acara, para pengun­juk rasa menghadang kedatangannya sambil mengkritik du­kungan Biden terhadap perang Israel melawan Hamas.

Para pengunjuk rasa yang memegang spanduk meneriak­kan kematian jurnalis di Gaza. Mereka berkumpul di depan Washington Hilton, tempat acara tersebut diselenggarakan. Ratu­san demonstran menyerukan agar jurnalis memboikot acara tersebut dan meneriaki pejabat Pemerintah saat mereka masuk. DAY

Baca juga : Bahagia Dilamar Rayn Di Jepang

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Senin, 29 April 2024 dengan judul "Terus Ditekan, Malah Makin Menyebar, Gerakan Mahasiswa Dukung Palestina Meluas Ke Eropa"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.