Dark/Light Mode

WNI Upacara Hari Pahlawan di Pabrik Garmen di Hawassa, Ethiopia

Minggu, 10 November 2019 22:20 WIB
Suasana upacara Hari Pahlawan di Ethiopia. (Foto KBRI Addis Ababa)
Suasana upacara Hari Pahlawan di Ethiopia. (Foto KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa bersama sekitar 150 masyarakat Indonesia di Kota Hawassa, Ethiopia menyelenggarakan peringatan hari Pahlawan dengan mengadakan upacara di pabrik, perusahaan garmen Indonesia di kota Hawassa, 270 km selatan Kota Addis Ababa, Minggu (10/11).

Masyarakat Indonesia tersebut bekerja di dua perusahaan Indonesia, dan satu perusahaan Hong Kong yang dipimpin pengusaha  perusahaan Indonesia.

Dua  perusahaan Indonesia itu adalah Busana Apparel Group/Century Garment Plc yang dipimpin Joseph Jaya Kumar, dan PT Sumber Bintang Rejeki/Sumbiri Intimate Apparel Plc pimpinan Rodolfo Angala. Sedangkan perusahaan Hong Kong yang dipimpin Iksan Santoso Supadi, orang Indonesia, adalah TAL Plc.

Upacara dipimpin Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika berkedudukan di Addis Ababa. Pimpinan perusahaan dan sejumlah staf KBRI Addis Ababa juga mengikuti upacara.

Baca juga : Indra Sjafri Umumkan 26 Pemain U-23 Untuk Turnamen di China

Dalam upacara tersebut, Duta Besar Al Busyra Basnur membacakan sambutan Menteri Sosial. 

Nur Ikhsan, karyawan Century Plc usai upacara mengatakan sangat terkesan karena sudah lama sekali ia tidak mengikuti upacara seperti ini.

Ikhsan berpesan agar pemuda Indonesia mampu mendorong upaya memperkuat persatuan dan kesatuan, serta kemajuan bangsa.

Baca juga : Ini Empat Cara Hindari Risiko Gagal Bayar Perusahaan

Bagi Minarti, karyawan Sumbiri, upacara hari pahlawan sangat berguna untuk meningkatkan nasionalisme dan mendorong semangat untuk mengabdi kepada bangsa dan negara.

Minarti meminta agar generasi muda meneruskan perjuangan pahlawan bangsa, dengan pengabdian dan karya yang nyata.

Sementara itu, Dwi Sari Handayani, karyawati perusahaan TAL, mengatakan upacara peringatan hari pahlawan mengingatkannya kembali kepada kebesaran bangsa dan negara Indonesia.

Baca juga : Gandeng Garudafood, Barry Callebaut Bangun Pabrik Coklat di Indonesia

Kemerdekaan Indonesia diraih melalui pengorbanan harta dan nyawa pahlawan bangsa. Karena itu, Sari meminta agar pahlawan selalu dihormati dan didoakan.

“Upacara peringatan Hari Pahlawan sengaja diadakan di lokasi perusahaan Indonesia di Hawassa, karena mayoritas masyarakat Indonesia di Ethiopia tinggal dan bekerja di sana. Tidak mudah bagi saudara-saudara kita di Hawassa untuk datang ke KBRI Addis Ababa, menghadiri peringatan Hari Pahlawan,” kata Duta Besar Al Busyra.

Masyarakat Indonesia di Ethiopia berjumlah sekitar 200 orang.150 di antaranya bekerja di kota Hawassa dan 50 orang lainnya di Addis Ababa. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.