Dark/Light Mode

Mau Luncurkan Lagi Satelit Mata-mata Militer

Korut Bikin Jepang Dan Korsel Gelisah

Selasa, 28 Mei 2024 06:20 WIB
Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata pertamanya pada november 2023. Foto: KCNA
Korea Utara meluncurkan satelit mata-mata pertamanya pada november 2023. Foto: KCNA

 Sebelumnya 
Militer Korsel mengatakan, sebanyak 20 pesawat, termasuk jet tempur siluman F-35, melakukan Iatihan serangan di wilayah udara selatan zona larangan terbang di sepanjang perbatasan antar-Korea.

Menurut Jepang, pemberitahuan Korut tersebut mencakup peringatan navigasi untuk wilayah di Laut Kuning dan sebelah timur Pulau Luzon di Filipina, tempat roket pembawa satelit akan diluncurkan.

Baca juga : Pejabat Kementan Dipalak

Korut meluncurkan satelit mata-mata militer pertamanya ‘pada November Lalu. Pyongyang akhirnya berhasil menempatkannya di orbit setelah dua upaya sebelumnya gagal pada 2023.

Korut mengklaim, satelitnya itu telah mengambil foto-foto pemantauan terhadap Gedung Putih AS, Pentagon (Departemen Pertahanan AS), dan instalasi militer Korsel. Akan PBB yang melarang peluncuran fasilitas peluncuran luar angkasa tetapi, Pyongyang belum mempublikasikan gambar-gambar tersebut sampai kini.

Baca juga : Pake Ulos & Kebaya Di Festival Cannes

Korut telah berjanji meluncurkan tiga satelit mata-mata lagi tahun ini. Mereka menolak resolusi Dewan Keamanan PBB yang melarang peluncuran satelit. Pyongyang menegaskan, resolusi itu melanggar hak kedaulatan negaranya untuk membela diri dan melakukan eksplorasi ruang angkasa.

Tahun lalu, para pemimpin Korut dan Rusia bertemu di fasilitas peluncuran luar angkasa di Timur Jauh Rusia. Pada waktu itu, Presiden Vladimir Putin berjanji bahwa Moskow akan membangun Pyongyang. DAY

Baca juga : Bursa Cagub DKI Makin Ramai

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Selasa, 28 Mei 2024 dengan judul "Mau Luncurkan Lagi Satelit Mata-mata Militer Korut Bikin Jepang Dan Korsel Gelisah"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.