Dark/Light Mode

Bursa Cagub DKI Makin Ramai

Senin, 27 Mei 2024 08:20 WIB
Nama-nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Kolase Foto/Istimewa)
Nama-nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta. (Foto: Kolase Foto/Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pilkada DKI Jakarta bakal digelar November 2024. Nama-nama bakal calon Gubernur DKI Jakarta pun mulai bermunculan. Selain tokoh-tokoh lama, ada pula tokoh-tokoh baru.

Sebagai etalase Indonesia, Jakarta dianggap daerah paling sexy bagi para politisi. Tak heran, banyak politisi yang tertarik bertarung di Jakarta. Apalagi, Gubernur DKI Jakarta sering disebut RI 3 dan bisa jadi loncatan untuk nyapres.

Hingga saat ini, muncul 29 nama yang digadang-gadang bakal menjadi Cagub DKI. PDI Perjuangan (PDIP) misalnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri menyiapkan banyak nama untuk maju di Jakarta. Sebut saja Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menpan RB Azwar Anas, eks Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, eks Panglima TNI Andika Perkasa, dan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Golkar juga tak ingin melewatkan peluang emas ini. Beringin bahkan telah menyiapkan nama-nama yang sudah populer. Seperti eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, eks Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dan pengusaha Erwin Aksa.

Sebagai pemenang Pilpres, Gerindra juga nggak mau ketinggalan. Partai besutan Prabowo Subianto itu, menyiapkan eks Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliai. Selain itu, Gerindra juga memasukkan nama keponakan Prabowo: Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dan Budisatrio Djiwandono.

Baca juga : Mbak Puan, Sabar Ya!

Sedangkan Partai NasDem, masih akan menjagokan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Bendahara Umum NasDem Ahmad Sahroni, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI Jakarta Wibi Andrino, dan eks Menteri ESDM Sudirman Said.

PKS yang memiliki suara terbanyak pada Pemilu 2024 di DKI juga menyiapkan tiga nama. Mereka adalah Mardani Ali Sera, Sohibul Iman, dan Khoirudin. Sementara, PAN memunculkan nama Ketua DPW DKI Eko Patrio, dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Zita Anjani. PKB menyiapkan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Demokrat juga punya calon. Mereka adalah Eks Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, eks Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana, dan Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan Suharli.

Dari jalur independen terdapat dua nama. Mereka adalah Komjen Purn Dharma Pongrekun, dan politisi Noer Fajrieansyah. Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono juga masuk dalam bursa Pilkada DKI.

Apa kata mereka yang masuk dalam bursa calon Gubernur DKI Jakarta?

Baca juga : Dijaga TNI, Kejagung Anggap Normal-normal Saja

Anies yang potensial maju kembali, awalnya berencana akan rehat usai Pilpres. Namun, belakangan ini, dia mengaku, tengah memikirkan untuk kembali menjadi Gubernur DKI. “Kami sedang memikirkan itu secara serius,” kata Anies.

Ridwan Kamil mengaku masih melakukan kajian, apakah maju di DKI atau kembali meneruskan kepemimpinannya di Jabar.

Sementara, Ahok mengaku siap ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia asal mendapat restu dan dukungan dari Mega. Begitu juga dengan Prasetyo akan mengikuti mekanisme partai.

Risma menyerahkan kepada PDIP. Menurut dia, menjadi kepala daerah tanggung jawabnya besar.

Sahroni juga masih malu-malu saat ditanya kesiapannya maju di DKI Jakarta. Dia mengatakan, akan maju di DKI Jakarta jika diminta Ketua Umum NasDem, Surya Paloh.

Baca juga : Joko Purwanto: Tinggal Tunggu Penetapan KPU

Ahmed Zaki dan Erwin Aksa juga menunggu keputusan Partai Golkar. Mereka siap ditugaskan dimana saja, begitu juga maju di DKI Jakarta.

Senada dikatakan Politis Gerindra Ariza, Rani, Saraswati, dan Budisatrio. Mereka masih menunggu arahan partai untuk bertarung.

Sudirman juga mengamini niatan maju Pilkada DKI. Ia berharap, ada partai yang mengantarkan jalannya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bak gayung bersambut, NasDem pun telah mempertimbangkan dirinya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.