Dark/Light Mode

Mertua Mantan Presiden AS Barack Obama Meninggal Dalam Usia 86

Sabtu, 1 Juni 2024 06:37 WIB
Marian Lois Shirley Robinson, mertua mantan Presiden AS Barack Obama meninggal dunia pada Jumat (31/5/2024). (Foto: Instagram)
Marian Lois Shirley Robinson, mertua mantan Presiden AS Barack Obama meninggal dunia pada Jumat (31/5/2024). (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Marian Lois Shirley Robinson, mertua Presiden Amerika Serikat (AS) periode 2009-2017 Barack Obama, menghembuskan napas terakhirnya dalam usia 86 tahun, Jumat (31/5/2024).

"Kami semua akan sangat merindukannya. Kami berharap, dia ada di sini untuk menawarkan kami beberapa perspektif hidup, serta memperbaiki hati kami yang berat dengan tawa dan dosis kebijaksanaannya," kata Barack Obama dan istri: Michelle dalam pernyataan yang diposting di akun Instagram, Jumat (31/5/2024).

"Dia adalah backstop yang kuat untuk seluruh keluarga kami. Kami membagikan kabar duka ini dengan kesedihan mendalam,” imbuh pernyataan tersebut.

Baca juga : Diluncurkan Presiden, AHY Siap Integrasi Layanan INA Digital Di Pertanahan

Robinson lahir di Chicago pada tahun 1937. Wanita yang pernah berkarier sebagai guru dan sekretaris itu menghabiskan sebagian besar hidupnya di kota terbesar di negara bagian Illinois, sebelum hijrah ke Washington DC pasca Obama menang pilpres.

Dalam wawancara dengan CBS, Robinson mengaku terdorong untuk pindah ke Washington, karena dia merasa putri dan menantu laki-lakinya akan memasuki episode tersulit dalam hidup.

"Saya mengkhawatirkan keamanan mereka. Saya memikirkan cucu-cucu saya. Itulah yang membuat saya pindah ke DC," ujar wanita yang dijuluki wanita paling rendah hati oleh Obama.

Baca juga : Jokowi Sampaikan Duka

Delapan tahun di Gedung Putih, Robinson tetap membumi. Tak melangit, meski hidup di kediaman Presiden Amerika itu banyak memberikan kemudahan dan kemewahan. 

"Tunjukkan saja cara kerja mesin cuci. Percayalah, saya akan baik-baik saja," katanya.

Robinson dikenal berteman baik dengan para pelayan. Dia sering menyelinap ke luar gerbang untuk membeli kartu ucapan di CVS.

Baca juga : Menlu Retno Kenang Menlu Iran Yang Meninggal Dalam Kecelakaan Helikopter

"Anda terlihat seperti ibunda Michelle," kata warga yang mengenali wajahnya. Dibilang begitu, Michelle hanya tersenyum. "Ya, saya paham," ujarnya.

Ketimbang bergaul dengan pemenang Oscar atau pemenang Nobel, Robinson lebih suka menghabiskan waktunya di lantai atas sambil nonton TV, di sebuah ruangan di luar kamar tidurnya yang berjendela besar. Ruangan itu menghadap ke Monumen Washington.

"Satu-satunya tamu yang dia minta untuk bertemu adalah Paus," kenang Obama dan Michelle.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.