Dark/Light Mode

Sudah Ketemu Prabowo

Pasangan Kang Emil Untuk DKI Lagi Dicari

Senin, 3 Juni 2024 08:35 WIB
Prabowo Subianto Ketemu Ridwan Kamil. (Foto: Ist)
Prabowo Subianto Ketemu Ridwan Kamil. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ridwan Kamil sedang disiapkan maju di Pilgub DKI Jakarta. Baru-baru ini, mantan Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil ini, bertemu dengan presiden terpilih sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Pertemuan itu diduga untuk menyiapkan pasangan bagi Kang Emil.

Pertemuan itu diketahui setelah Emil mengunggah fotonya bersama Prabowo di akun Instagram miliknya, Sabtu (1/6/2924). Dalam foto tersebut, Kang Emil dan Prabowo berdiri berdampingan di depan sebuah lukisan seorang pria berkuda. Kang Emil tampak rapi dengan kemeja putih dibalut jas warna biru. Wajahnya tersenyum, dan tangannya mengepalkan ke depan.

Sementara Prabowo yang tampil dengan kemeja safari warna krem juga berpose dalam posisi mengepal, seolah menunjukkan tanda dukungan atau solidaritas.

Foto tersebut disambung dengan video saat Prabowo mengangkat barbel. Setelah video itu, Kang Emil mengunggah momen saat berolahraga, yakni renang dan mengangkat barbel.

Baca juga : Ahmad Najib Qodratullah: Ini Upaya Konkret Pengadaan Rumah

Dalam keterangan fotonya, Kang Emil mengaku dalam pertemuan itu, ia mendapat wejangan dari Prabowo. "Bertemu dengan Presiden terpilih Pak Prabowo, wejangan beliau, berapapun usianya, rakyat Indonesia harus rajin olahraga, mengonsumsi makanan bergizi agar jadi bangsa yang kuat sehat," tulis Kang Emil.

Ditemui wartawan di Bali, Kang Emil mengungkapkan optimismenya mengikuti Pilgub DKI Jakarta. Mantan Walikota Bandung itu menceritakan sudah mendapat dua surat penugasan dari DPP Golkar kepada dirinya untuk maju di Pilkada Serentak 2024. Namun, belum diputuskan akan maju di Pilkada mana.  Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto minta Ridwan Kamil maju di Pilgub Jawa Barat dan Pilgub DKI Jakarta.

"DPP Golkar, Pak Airlangga bilang baik di Jabar maupun Jakarta diminta untuk menaikkan persentase elektabilitas. Sehingga nanti ketika waktunya tiba pada Juli, keputusannya sudah lebih matang," kata Kang Emil.

Ia pun kini fokus menaikkan elektabilitas sebagaimana arahan partai. Lalu akan berduet dengan siapa? Kang Emil mengaku belum bisa bicara banyak. "Kalau boleh terus terang, hari ini itu, siapa dengan siapa, ke mana, yang saya tahu masih dibahas di level DPP," ungkapnya.

Baca juga : Said Iqbal: Seharusnya Tabungan Bersifat Sukarela

Kang Emil berharap pada Juli nanti, keputusan soal akan maju di Pilkada mana dan dengan siapa sudah lebih matang. "Sehingga, saya pun nanti pengumumannya, bukan Ridwan Kamil ke mana, tapi Ridwan Kamil dengan siapa, ke mana?" ujarnya.

Kang Emil menegaskan, dinamika politik saat ini masih terus bergulir sampai batas pengumuman resmi.

"Pokoknya sampai pada pengumuman resmi selalu ada plot twist, itu garis bawahnya. Pengalaman dalam politik perjodohan di Indonesia banyak plot twist. Jadi hari ini apa, nanti apa dan bisa sama bisa juga beda. Bahkan, bisa juga ada orang tak terduga," paparnya.

Sementara itu, Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya berpeluang mengusung Ridwan Kamil di Pilgub DKI Jakarta. Kata dia, Kang Emil masuk dalam daftar cagub DKI yang dibicarakan Gerindra.

Baca juga : Gerindra Dapat Energi Baru Di Pilgub Sumut

Salah satunya karena punya peluang untuk menang. Hanya saja, Dasco mengaku partainya belum bisa memutuskan.  "Kita tunggu sambil melihat dinamika politik ke depan," kata Dasco, Minggu.

Direktur Parameter Politik Indonesia (PPI) Adi Prayitno mengatakan, pertemuan Ridwan Kamil dengan Prabowo dinilai sebagai komunikasi politik Kang Emil untuk maju di Pilkada nanti. Kata dia, politik saat ini masih dinamis. Masih belum bisa ditebak apakah Kang Emil tetap di Jabar atau maju di Pilgub DKI Jakarta.

Menurut Adi, mesti elektabilitas RK paling menjulang di Jabar dan lumayan di Jakarta, tentu komunikasi dan dukungan partai lain sangat dibutuhkan. "Terutama dari Gerindra sebagai partai pemenang pilpres," ucapnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.