Dark/Light Mode

Bangun Proyek Irigasi, Pendidikan Dan Layanan Medis

Jepang Ingin Kerja Sama Dirasakan Akar Rumput

Senin, 24 Juni 2024 06:20 WIB
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi ditemui wartawan di di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Jumat (21/6/2024).
Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masaki Yasushi ditemui wartawan di di Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, Jakarta, Jumat (21/6/2024).

 Sebelumnya 
Selain itu, dukungan lainnya melalui pembelajaran Bahasa Jepang, pertukaran pelajar ke Jepang, hingga di bidang olahraga.

Target keenam, Jepang ingin menjadikan sektor kelautan Indonesia, baik di sisi pertah­anan maupun sektor indus­tri perikanannya, berkembang seperti Negeri Matahari Terbit. Seperti penyediaan kapal pan­tau untuk Badan Keamanan Laut (BAKAMLA) Indonesia, dukungan bagi nelayan dan membuat pusat-pusat perikanan lokal dan pasarnya.

Dia mengatakan, pihaknya bersama Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto, akan meneruskan kerja sama ini.

Baca juga : Jadi Koki Di Amerika

“Mungin satu karakteristik kegiatan kami adalah segala hal ini sangat terkait dengan kehidu­pan orang-orang sehari-hari. Mungkin bukan infrastruktur besar, tapi kalau diamati, semua-nya terkait dengan peningkatan kehidupan sehari-hari orang Indonesia,” ujarnya.

Dan target ketujuh, melindungirakyat kedua negara dengan kerja sama di sektor militer. Dubes Masaki memaparkan, pasukan Angkatan Darat Bela Diri Jepang (JGSDF) dengan TNI Angkatan Darat telah bekerja sama dalam latihan militer Super Garuda Shield. Kerja sama tersebut akan terus diperkuat.

Proyek Di IKN

Dari sekian banyak target ker­ja sama bilateral. Jepang cukup aktif dalam membantu Indonesia membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Beberapa pe­rusahaan teknologi tinggi Jepang sudah mulai membangun IKN, termasuk Mitsubishi Elevators yang menyediakan lift di Istana Presiden di IKN.

Baca juga : Ide Anies Ketemu Prabowo Banyak Yang Mendukung

Jepang juga akan bekerjasama dalam menyusun rencanapembangunan seluruh Kali­mantan Timur. Dubes Masaki juga menyebutkan, perusahaan teknologi informasi Jepang bernama NEC juga telah mengajukan pembangunan struktur smart city di IKN. Menurutnya, Jepang memiliki pengalaman yang sangat baik dalam membangun smart city.

“Saya pikir kami (Jepang) bisa berkontribusi secara konkret,” pungkasnya. DAY

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 14, edisi Senin, 24 Juni 2024 dengan judul "Bangun Proyek Irigasi, Pendidikan Dan Layanan Medis, Jepang Ingin Kerja Sama Dirasakan Akar Rumput"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.