Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin Gelar Kompetisi Pencak Silat Tingkat Pelajar

Selasa, 25 Juni 2024 07:11 WIB
Dubes Mohamad Hery Saripudin dalam kegiatan komoetisi pencak silat antar pelajar di Woodcreek School, Kiambu County, Sabtu (22/6/2024). (Foto: Dok. KBRI Noirobi)
Dubes Mohamad Hery Saripudin dalam kegiatan komoetisi pencak silat antar pelajar di Woodcreek School, Kiambu County, Sabtu (22/6/2024). (Foto: Dok. KBRI Noirobi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Kenya semakin menggandrungi olahraga seni bela diri asal Indonesia, pencak silat. Animo tinggi terlihat pada kompetisi, Pencak Silat Ambassador's Cup 2024 di Woodcreek School, Kiambu County, Sabtu (22/6/2024).

Terdaftar 248 peserta dari berbagai sekolah di Kenya ikut dalam turnamen yang diinisiasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi bersama National Federation of Pencak Silat Kenya (NFPSK) dan perusahaan Indomie. Kompetisi pencak silat ini merupakan bagian dari perayaan 45 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Kenya yang semakin erat.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Gelar Pameran Budaya Dan Sejarah Batanghari

”Kegiatan ini tidak hanya memupuk pertukaran budaya Indonesia-Kenya, namun sebagai cultural bridge dalam meningkatkan saling pengertian di tingkat akar rumput," jelas Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/6/2024).

Menurutnya, diplomasi budaya merupakan salah satu prioritas KBRI Nairobi untuk meningkatkan citra positif Indonesia di kancah dunia. Pada kesempatan tersebut, Dubes Hery meresmikan pembukaan Padepokan Pencak Silat di enam sekolah Kenya.

Baca juga : Dubes RI Untuk Swedia Kamapradipta Isnomo Dukung Kolaborasi Unair & Karolinska Institutet

"Dengan keunikan dan daya tariknya, pencak silat terus menarik minat. Semakin diakui sebagai salah satu seni bela diri paling menakjubkan di dunia karena pencak silat bagian dari apresiasi budaya," terangnya.

Selain Kenya, KBRI Nairobi juga memberikan dukungan kemajuan pencak silat di Uganda, Kongo, dan Somalia. Dukungan tersebut dengan pemberian seragam silat, baju pelindung, properti silat, serta penyelenggaraan turnamen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.