Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Thailand Rachmat Budiman Kenalkan Budaya Batak Di Indofest Khon Kaen

Rabu, 26 Juni 2024 07:00 WIB
Dubes Rachmat Budiman (tengah) bersama pelatih seni Batak dari Gondang Orchestra, di Universitas Khon Kaen, Thailand, Jumat (21/6/2024). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)
Dubes Rachmat Budiman (tengah) bersama pelatih seni Batak dari Gondang Orchestra, di Universitas Khon Kaen, Thailand, Jumat (21/6/2024). (Foto: Dok. KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lebih dari 120 mahasiswa Thailand mempelajari Gondang Batak dan Tari Tor Tor pada Indonesian Festival (Indofest) ke-7 yang digelar di Universitas Khon Kaen, Thailand, Jumat (21/6/2024).

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bangkok, Thailand, secara khusus mendatangkan langsung Gondang Orchestra asal Indonesia untuk mengajarkan budaya dan kesenian Batak. Kegiatan ini didukung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia.

“Kami ingin mahasiswa Thailand memahami bahwa Indonesia memiliki kebudayaan dan kesenian yang beragam. Salah satunya ke­senian dari suku Batak di Sumatera Utara yang mereka pelajari hari ini,” terang Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman dalam ketera­ngan tertulisnya, Senin (24/6/2024).

Baca juga : Darurat Literasi Bukan Karena Rendahnya Budaya Baca, Tapi Bukunya Kurang

Dia  menyampaikan apresiasi kepada Universitas Khon Kaen dan Absolutely Thai Kansadeng Wathanatham Co., Ltd. atas kerja sama yang baik selama ini. Termasuk penyelenggaraan Indofest tahun ini.

Sementara itu, Wakil Pre­siden Universitas Khon Kaen, Choopong Thongkamsamut, mengapresiasi KBRI Bangkok atas kepercayaan yang diberikan kepada Universitas Khon Kaen sebagai tuan rumah dalam penye­lenggaraan Indofest ke-7.

Dia berharap, mahasiswa Thailand tidak hanya mendapat ilmu baru, namun memiliki kenangan yang baik tentang Indonesia.

Baca juga : Mahasiswa Thailand Antusias Belajar Budaya Gondang Batak Di Bangkok

Kegiatan ini dibagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama, mahasiswa mendapat penjelasan singkat mengenai Indonesia dan budaya Batak.

Selanjutnya, mereka dipisahkan sesuai dengan jurusan masing-masing, seperti seni musik memainkan gondang dan seni tarTor Tor. Pada sesi kedua, mahasiswa yang juga berasal dari perguruan tinggi lain di sekitar Khon Kaen, diberikan kesempatan untuk menampilkan kesenian yang telah pelajari sebelumnya.

“Meskipun hanya belajar selama tiga jam, mereka memainkan gondang dan menampilkan Tari Tor Tor dengan baik,” puji Dubes Rachmat.

Baca juga : Dubes RI Untuk Jepang Heri Akhmadi Gelar Pameran Budaya Dan Sejarah Batanghari

Kegiatan Indofest diselenggarakan KBRI Bangkok dalam rangka meningkatkan kesadaran publik, khususnya kalangan mahasiswa, terkait peringatan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Thailand.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.