Dark/Light Mode

Dubes RI Untuk Turki Achmad Rizal Purnama Jamu Parlemen Turki, Sajikan Nasi Padang

Jumat, 28 Juni 2024 07:22 WIB
Dubes Achmad Rizal Purnama (berbatik depan) foto bersama anggota Parlemen Turki di Wisma Indonesia, Ankara, Turki, Selasa (25/6/2024). (Foto: Tangkapan layar IG Achmad Rizal Purnama)
Dubes Achmad Rizal Purnama (berbatik depan) foto bersama anggota Parlemen Turki di Wisma Indonesia, Ankara, Turki, Selasa (25/6/2024). (Foto: Tangkapan layar IG Achmad Rizal Purnama)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tari piring hingga masakan Padang disuguhkan Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Turki Achmad Rizal Purnama saat menjamu Kelompok Persahabatan Antar Parlemen Indonesia-Turki di Wisma Indonesia, Ankara, Selasa (25/6/2024). Momen makan Nasi Padang tersebut diunggah Dubes Rizal lewat akun Instagramnya @achmad_rizal_purnama.

KBRI Ankara menjadikan dinner atau jamuan makan malam tersebut bernuansa minang (Minang Night). Acara ini dihadiri Ketua Grup Persahabatan Parlemen RI-Turki, Ayse Bohurler dan sejumlah anggota Parlemen Turki.

Baca juga : Kolaborasi IPB University Dan PKK Buleleng Implementasikan Inovasi Pangan Sehat

“Saya bergembira menjadi tuan rumah acara networking dinner bertema Minang bersama Kelompok Persahabatan Antar Parlemen Indonesia-Turki di Wisma Indonesia,” kata Rizal dalam keterangannya.

Tari piring berasal dari daerah Sumatera Barat. Karya seni ini merupakan adaptasi aktivitas masyarakat Minangkabau sebagai masyarakat agraris. KBRI menyuguhkan kesenian ini dengan menggandeng persatuan pelajar Indonesia di Turki.

Baca juga : Dubes RI Untuk Thailand Rachmat Budiman Kenalkan Budaya Batak Di Indofest Khon Kaen

Untuk menu makan malam, KBRI menyajikan Nasi Padang dengan antara lain lauk rendang. Rendang adalah makanan khas Padang. Masakan ini berbahan dasar daging sapi yang dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan.

Untuk memeriahkan acara, ditampilkan Tari Piring. Pimpinan dan anggota Parlemen Turki yang hadir takjub saat melihat penari piring memecahkan piring dengan kaki tak beralas, tapi tidak membuat kaki mereka terluka.

Baca juga : Dubes RI Untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin Gelar Kompetisi Pencak Silat Tingkat Pelajar

Dubes Rizal memakai kesempatan tersebut untuk berbagi pengetahuan. Kedua belah pihak juga berdiskusi mengenai peluang hubungan bilateral antara Indonesia dan Turki, khususnya dengan fokus pada kerja sama parlemen.

Di akhir acara, tak lupa Dubes Achmad Rizal foto bersama dengan anggota parlemen Turki di depan Wisma Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.