Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Australia Dukung Guaido Pimpin Interim Venezuela

Senin, 28 Januari 2019 14:53 WIB
Juan Guaido (kiri) dan Nicolas Maduro
Juan Guaido (kiri) dan Nicolas Maduro

RM.id  Rakyat Merdeka - Australia mengakui dan mendukung Ketua Majelis Nasional Juan Guaido sebagai pemimpin sementara Venezuela. Dukungan itu sesuai Konstitusi Venezuela sampai Pemilu digelar.

"Australia menyerukan transisi menuju demokrasi di Venezuela sesegera mungkin," kata Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne.

Baca juga : Osaka Nangkring Di Posisi Teratas Dunia

Selain Australia, Israel juga secara resmi mengakui Guaido sebagai presiden. Langkah itu mengikuti keputusan Amerika Serikat dan Brazil, Kolombia dan Argentina. Sebelumnya negara-negara besar Eropa Inggris, Jerman, Prancis dan Spanyol juga mendukung Guaido jika Presiden Nicolas Maduro tak segera mengambil langkah mengadakan pemilihan umum darurat dalam waktu delapan hari ke depan.

Sementara Rusia dan China tetap mendukung Presiden Maduro. Moskow memperingatkan bahwa pernyataan Guiado mengarah pada ketidakpastian hukum dan banjir darah. Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan, "Kami menentang aksi seperti ini yang diwarnai bencana." 

Baca juga : Australia Buka Lagi Kompetisi Jurnalis Elizabeth O’Neill

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, mengatakan dalam sebuah konferensi pers bahwa China menentang campur tangan asing apa pun di Venezuela. Turki, Iran, Meksiko, Kuba dan negara-negara lainnya juga menyatakan dukungan terhadap Maduro. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :