Dark/Light Mode

Jumlah Kasus Covid-19 di AS Lampaui China

Trump Segera Telepon Xi Jinping

Jumat, 27 Maret 2020 07:05 WIB
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping (Foto: Net)
Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping (Foto: Net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden AS Donald Trump mengatakan, dia akan segera menelepon Presiden China Xi Jinping pada Kamis (26/3) pukul 9 malam (pukul 8 pagi waktu Jakarta, Red) setelah melihat fakta bahwa jumlah kasus positif di negaranya telah melampaui Negeri Tirai Bambu.

Berdasarkan data John Hopkins University, jumlah kasus AS yang telah mencapai 82.404. Angka ini telah melampaui episenter Covid-19 di China dan Italia. Namun, Trump tak mau serta-merta percaya.

Baca juga : Bertambah, Pasien Positif Covid-19 di Kota Bekasi Kini 15 Orang

"Anda tak tahu persis berapa jumlah angka di China. Saya akan diskusikan hal ini dengan Xi. Kami berdua punya hubungan yang baik," ujar Trump, seperti dikutip AFP, Kamis (26/3).

Trump sebelumnya pernah memantik kemarahan China dengan menyebut Covid-19 sebagai virus asal Wuhan.

Baca juga : Cegah Covid-19, Pertamina Monitor Pekerja Melalui Aplikasi MyDoctor

Trump mengaku terpaksa menyebut demikian, karena kesal dengan pernyataan Kementerian Luar Negeri China yang menuding tentara AS sebagai pihak yang bertanggung jawab atas penyebaran Covid-19 di China.

Selain membahas soal pandemi Corona dan rontoknya ekonomi dunia secara masif akibat penerapan strategi social distancing, Trump dan Xi juga akan membahas rencana negosiasi perjanjian perdagangan baru antara kedua negara ekonomi terbesar di dunia.

Baca juga : Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Kini Jadi 117

"Mungkin Xi akan menunggu sampai Pemilu AS pada November mendatang, untuk melihat kalau-kalau saya kalah dalam pemilihan tersebut? Sepertinya, saingan saya Joe Biden dari Partai Demokrat, akan menjadi mimpi indah bagi China jika ingin bernegosiasi," ujar Trump. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.