Dark/Light Mode

Konkret Dukung Pemerintah

Berantas Covid-19, Gereja Katolik Indonesia Kirim Relawan Dokter dan Siapkan Rumah Sakit

Sabtu, 21 Maret 2020 20:05 WIB
Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta Romo V. Adi Prasojo Pr. (Foto: Humas BNPB)
Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta Romo V. Adi Prasojo Pr. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta Romo V. Adi Prasojo Pr. mendukung segenap upaya pemerintah dalam memberantas wabah Corona atau Covid-19.

Romo Adi menegaskan, Gereja Katolik dan umat Katolik Indonesia senantiasa mendukung dan melaksanakan kebijakan pemerintah. 

Gereja Katolik Indonesia merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kami siap bersama-sama melakukan bela negara dan cinta Tanah Air,” ujar Romo Adi, usai menyepakati langkah-langkah penanganan wabah Corona, bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan Wabah Covid-19 di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (21/3).

Baca juga : Tekan Penyebaran Covid-19, PM Italia Keluarkan Dekrit Baru

Terkait hal itu, Romo Adi mengimbau seluruh keuskupan di Indonesia, untuk meniadakan misa peribadatan harian maupun mingguan. Serta semua ritual peribadatan yang melibatkan dan mendatangkan banyak orang. Baik di tingkat paroki, lingkungan, wilayah dan sebagainya mulai 21 Maret hingga 3 April 2020.

Sesudah periode tersebut, Gereja Katolik Indonesia akan mengevaluasi sesuai kebijakan dan arahan dari pemerintah.

Sebagai dukungan terhadap pemerintah, Romo Adi mengatakan, rumah-rumah sakit dan tenaga medis lain akan mengambil bagian sebagai sukarelawan untuk membantu pemerintah melawan wabah pandemik Coronavirus Disease-2019 atau Covid – 19.

Baca juga : Total Suspect Corona di Indonesia Kini Berjumlah 23 Orang

“Ormas-ormas katolik, seperti Wanita Katolik Republik Indonesia, Ikatan Sarjana Katolik Indonesia, Pemuda Katolik, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia, dan Forum Masyarakat Katolik Indonesia serta universitas-universitas katolik, lembaga dan elemen katolik lain menyediakan diri untuk menjadi relawan mendukung pemerintah bersama-sama menghadapi wabah Covid – 19,” papae Romo Adi.

Terakhir, Romo Adi menyampaikan kesiapsediaan para cendikiawan dan ilmuwan Katolik untuk ikut memberikan sumbang-saran kepada pemerintah dalam melawan Covid-19.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BNPB yang juga Ketua Gugus Tugas Doni Monardo mengharapkan partisipasi berbagai pihak, untuk meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat.

Baca juga : Kapolri Resmikan Indonesia Safety Driving Center di Tangsel

Masyarakat diharapkan dapat menyadari bahaya wabah Corona, sehingga mereka mampu melakukan berbagai macam upaya untuk mencegah dan memitigasi. "Diharapkan, korban jiwa dapat berkurangi,” kata Doni.

Gereja Katolik Indonesia memberikan bantuan dalam penanganan Covid -19, berupa dukungan dokter yang dapat menjadi bagian dari tim sukarelawan dan sejumlah RS Katolik untuk pasien Covid – 19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.