Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lawan Corona, Paman Sam Bantu 2,3 Juta Dolar Untuk RI

Jumat, 10 April 2020 17:45 WIB
Lawan Corona, Paman Sam Bantu 2,3 Juta Dolar Untuk RI

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) akan memberikan bantuan darurat senilai 2,3 juta dolar AS kepada Indonesia, sebagai bagian dari upaya global Amerika Serikat untuk memerangi penyebaran COVID-19.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) Kedutaan Besar Amerika Serikat, Heather Variava mengatakan, bantuan darurat ini untuk mendukung upaya Kementerian Kesehatan, Kantor Staf Presiden (KSP), dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Indonesia.

“Selama lebih dari 50 tahun, kami telah bermitra dengan Pemerintah Indonesia melalui USAID dan U.S. Centers for Disease Control and Prevention untuk permasalahan kesehatan mendesak, termasuk penyakit menular,” demikian kata Variava, dalam keterangan tertulis, Jum’at (10/04).

Baca juga : Railink Stop Sementara KA Bandara Soetta Dan Kualanamu

Ia menjelaskan, dana bantuan AS ini diambil dari dana cadangan darurat USAID untuk penyakit menular, melalui lembaga dan program multilateral yang dipimpin oleh mitra pelaksana USAID di masing-masing negara.

“Saat ini, Pemerintah Indonesia bergabung dalam perang global melawan pandemi Covid-19, kami berkomitmen untuk memberikan tambahan dana darurat untuk mendukung upaya pencegahan, deteksi, dan respons yang dilakukan Pemerintah Indonesia,” katanya.

Bantuan untuk respon Covid-19 Indonesia ini akan segera digunakan untuk memperkuat kapasitas laboratorium, mempercepat pengujian, dan meningkatkan pelacakan penyakit di tingkat komunitas.

Baca juga : Selama Corona, PGN Terapkan Catat Meter Mandiri Dan Pembayaran Online

Bantuan ini juga akan menunjang komunikasi risiko untuk memberikan informasi yang dapat diandalkan dan terverifikasi kepada publik, agar semua orang mendapatkan informasi tentang cara melindungi diri sendiri dan orang lain.

Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri Kementerian Kesehatan RI, Acep Somantri mengatakan, Indonesia siap bekerja sama dan berkolaborasi dengan negara-negara lain untuk mencegah penyebaran Covid-19, termasuk dengan Pemerintah AS yang mendukung menangani pandemi Covid-19.

“Bantuan AS untuk Covid-19 di Indonesia menunjukkan hubungan kerja sama kemitraan strategis AS-Indonesia. AS berkomitmen untuk bekerja bahu membahu dengan negara-negara mitra, termasuk Indonesia, dalam memerangi pandemi mematikan untuk memastikan ketahanan kesehatan bagi semua orang,” terangnya.

Baca juga : Lawan Corona, Nurbaya Realokasikan Rp230 Miliar

Diketahui, selama beberapa dekade, Amerika Serikat telah menjadi penyedia bantuan bilateral terbesar di dunia untuk kesehatan masyarakat. 

Sejak tahun 2009, Amerika menyediakan lebih dari 100 miliar dolar untuk bantuan kesehatan dan hampir 70 miliar dolar untuk bantuan kemanusiaan di tingkat global. Bantuan ini merupakan bagian dari kontribusi kepada beberapa mitra multilateral. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.