Dark/Light Mode

20 Menit Telepon Presiden Jokowi

PM Jepang Minta Indonesia Jamin Keamanan Warganya

Sabtu, 25 April 2020 05:43 WIB
Presiden Jokowi bersama Perdana Menteti Jepang Shinzo  Abe. (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi bersama Perdana Menteti Jepang Shinzo Abe. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe, Kamis (24/4) melakukan telewicara untuk membahas penanganan wabah Covid-19.

Pada awal pembicaraan, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Jepang atas bantuan selama ini. Termasuk kerja sama dalam proses evakuasi awak Indonesia di kapal pesiar Diamond Princess dan penanganan wabah Covid-19. Demikian seperti diungkap keterangan tertulis Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Ini 11 Kelompok Pasien Yang Tak Dianjurkan Berpuasa

Pembicaraan keduanya dilakukan sekitar 20 menit, mulai pukul 12.15 WiB. “keduanya membicarakan berbagai hal mulai dari bantuan kepada indonesia untuk menangani wabah Covid-19 senilai 14,5 juta dolar Amerika Serikat (sekitar Rp 217 miliar), hingga PM Abe menyampaikan belasungkawa atas wafatnya ibunda Presiden Joko Widodo,” terang pernyataan itu.

Dalam pembicaraan itu, Abe menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Jokowi karena rakyat Indonesia yang bersatu memerangi pandemik Covid-19.

Baca juga : Sentra Mijen Demak Siap Panen Bawang Merah, Kementan Jamin Stabilitas Pasokan dan Harga

Selanjutnya, Abe menjelaskan upaya-upaya Jepang untuk mengatasi wabah corona. Abe juga mengatakan, Jepang telah memberi bantuan teknis kepada tenaga medis Indonesia serta bantuan material terhadap sarana medis di Indonesia melalui organisasi internasional. Termasuk di antaranya lewat World Health organization (WHO) dan United Nations Children’s Fund (UNICEF).

Dalam kesempatan yang sama, Abe meminta kerjasama Jokowi untuk memastikan keamanan dan perlindungan warga negara Jepang yang berdomisili di Indonesia serta stabilitas operasional perusahaan Jepang.

Baca juga : Jokowi Minta Mendag Turun Ke Lapangan

Merespons hal ini, Jokowi menyampaikan kesediaan untuk bekerja sama. Selain itu, Abe juga meminta kerja sama agar peralatan medis termasuk baju medis dapat diekspor ke Jepang secara stabil.

“Kedua pihak memastikan bahwa penanganan pandemi Covid-19 merupakan tantangan utama dan menyepakati akan berkolaborasi erat untuk mengatasi kesulitan ini bersama,” tandas pernyataan itu. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.