Dark/Light Mode

Bos TV Hongkong: Kim Jong Un Sudah Meninggal

Minggu, 26 April 2020 05:53 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diisukan meninggal dunia (Foto: SCMP)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un diisukan meninggal dunia (Foto: SCMP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rumor wafatnya pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kini makin berkembang luas. Media Jepang menyebut, Kim berada dalam kondisi vegetatif, usai menjalani operasi jantung pada awal bulan ini.

Kondisi vegetatif adalah kelainan kesadaran di mana pasien dengan kerusakan otak serius, berada dalam kondisi sadar secara parsial. Namun, tidak menunjukan persepsi dan reaksi kognitif terhadap rangsangan yang ada di sekitarnya.

Sementara Wakil Direktur HKSTV Hong Kong - stasiun TV yang dibekingi Beijing - mengaku telah mendapat info dari sumber terpercaya, bahwa Kim telah meninggal dunia.

International Business Times menyebut, cuitan sang wakil direktur yang diposting di Weibo (platform China mirip Twitter, Red) itu viral di media sosial.

Baca juga : Menggembirakan, Kalau Yang Sembuh Salip Yang Meninggal

Seperti dilansir New York Post pada Sabtu (25/4), laporan lain yang belum terkonfirmasi (diikaitkan dengan sumber partai senior di Beijing) menyebut, operasi yang dijalani Kim gagal karena ahli bedah gemetaran saat memasang ring.

Tindakan ini bertujuan agar pembuluh darah yang tersumbat dapat mengalirkan darah kembali, kembali tanpa harus melakukan operasi bypass.

Saat ini, juga telah merebak spekulasi soal penerus tampuk kepemimpinan Korea Utara, jika putra Kim Jong-il kelahiran 8 Januari 1984 itu meninggal dunia.

Kim Yo Jong, adik perempuan Kim Jong Un digadang-gadang menjadi kandidat terkuat pengganti kakaknya.

Baca juga : Positif Corona, Dokter Yang Periksa Bima Arya Meninggal

Selain itu, juga ada nama Kim Kyong Hui, bibi Kim Jong Un yang pernah menjadi figur kuat di lingkaran kepemimpinan ketika Kim Jong-il berkuasa.

Dia belum terlihat sejak suaminya, Jang Song Thaek, yang pernah dianggap sebagai pria paling kuat kedua di negara itu, dieksekusi mati oleh Kim Jong Un pada tahun 2013.

Kim Kyong Hui disebut telah lama sakit. Namun, dalam foto yang dirilis Kantor Berita Negara Korea Utara (KCNA) pada 26 Januari 2020, sang bibi terlihat tengah menikmati suasana perayaan Tahun Baru Imlek di sebuah gedung teater di Pyong Yang.

Duduknya hanya terpaut dua kursi dari keponakannya, atau tepat berada di samping kiri istri Kim Jong Un, Ri Sol Ju. [HES]

Baca juga : Di Hong Kong, Natal dan Demo Sama-sama Meriah

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.