Dark/Light Mode

Corona Di Eropa Mulai Ditaklukkan

Jerman Sudah Main Bola, Italia Buka Bisnis dan Wisata

Senin, 18 Mei 2020 04:28 WIB
Bola yang digunakan dalam duel Bundesliga antara Fortuna Dusseldorf dan SC Paderborn di Dusseldorf, Jerman tampak sedang dibersihkan dengan cairan disinfektan, Jumat (16/5). (Foto: AFP via Getty Images)
Bola yang digunakan dalam duel Bundesliga antara Fortuna Dusseldorf dan SC Paderborn di Dusseldorf, Jerman tampak sedang dibersihkan dengan cairan disinfektan, Jumat (16/5). (Foto: AFP via Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pandemi virus corona di Eropa mulai mereda. Jumlah kasus Covid-19 di benua biru itu terus turun. Sejumlah negara pun mulai melakukan pelonggaran kebijakan penguncian atau lockdown.

Jerman misalnya, melanjutkan kembali kompetisi Bundesliga, kasta tertinggi liga sepakbola di sana. Sementara, Italia akan membuka kembali bisnis dan pariwisata, Juni nanti.

Eropa masuk dalam daftar benua yang paling parah terkena pandemi corona. Kasusnya mencapai ratusan ribu. Jerman termasuk salah satunya. Di negeri itu sebanyak 138.000 orang positif Covid-19 dan 3.800 tewas.

Baca juga : McDonald`s Sarinah, Saksi Bisu Banjir, Bom, Hingga Kerusuhan di Jakarta

Awal Maret lalu, Kanselir Jerman Angela Markel menyebut, pandemi corona adalah musibah terburuk setelah perang dunia kedua.

Saat virus mulai menyebar awal Maret, Jerman langsung menutup negaranya atau melakukan lockdown. Pemerintah Jerman melarang keras warga beraktivitas di luar rumah. Pemerintah juga menutup layanan publik, sekolah, universitas, hingga kegiatan bisnis, kecuali bidang logistik dan kesehatan. Jerman juga melakukan tes swab lebih dari 100.000 per hari.

Kebijakan tersebut membuahkan hasil menggembirakan. Pertengahan April, angka kasus positif mengalami penurunan. Awal Mei, tingkat terinfeksi turun hingga 0,7 persen. Penyebaran virus melambat dan semakin menurun.

Baca juga : Corona Bisa Ditaklukkan, Asal Kita Bersatu dan Bergotong Royong

Dengan kondisi itu, Jerman berangsur-angsur melonggarkan kebijakan lockdown. Tempat usaha, transportasi umum, dan restoran mulai dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Mencuci tangan setelah kegiatan, menjaga jarak, dan mengenakan masker. Protokol ini akan tetap berlaku hingga vaksin virus corona berhasil ditemukan.

Jerman juga kembali melanjutkan kompetisi Bundesliga yang terhenti, Maret lalu. Bundesliga menjadi liga top pertama Eropa yang melanjutkan kompetisi. Liga Jerman berlanjut akhir pekan kemarin. Tapi digelar tanpa penonton.

Meski sudah ada pelonggaran, Angela Merkel memperingatkan negaranya masih berada di fase awal pandemi dan akan berurusan dengan virus untuk waktu yang lama.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.