Dark/Light Mode

Musang King & Duri Hitam Paling Ngetop

Plesiran Ke Melaka? Jangan Lupa Mampir Ke Durian Heng

Minggu, 17 Februari 2019 15:15 WIB
Delegasi wartawan Indonesia yang tergabung dalam rombongan Iswami (Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia) tampak menikmati kelezatan durian Heng, di kawasan Bemban, Melaka, Malaysia. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka)
Delegasi wartawan Indonesia yang tergabung dalam rombongan Iswami (Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia) tampak menikmati kelezatan durian Heng, di kawasan Bemban, Melaka, Malaysia. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Melaka, The World Heritage City, memang tak melulu sejarah. Kota yang pernah dijajah Portugis, Belanda, dan Inggris itu juga kaya wisata kuliner. Urusan buah, durian juaranya. Yang paling iconic, namanya Musang King. Nama King of Fruit khas Malaysia yang satu ini, sangat tersohor di kalangan pecinta durian. 

Tertarik mencicipi kelezatannya, 22 wartawan Indonesia yang tergabung dalam rombongan Iswami (Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia-Indonesia) pun berburu durian Musang King, usai mengunjungi Kompleks Bangunan Merah (Stadthuyst) Melaka, Rabu (13/2).

Kebetulan, di sekitaran Melaka, tepatnya di kawasan Bemban, ada penjual durian yang sangat termasyhur. Namanya, Durian Heng. Hanya 30 menit berkendara dari Kompleks Bangunan Merah, kami tiba di lapak durian legendaris itu. Bus pun parkir di pinggir jalan.

Lapak Durian Heng Melaka yang legendaris. (Foto: Rochmanudin/IDNTimes)

Baca juga : Tahanan Makan 4 Kali Sehari, Ada Playground Untuk Anak-anak

Lokasinya sepi. Seperti berada di pelosok. Tapi, jangan salah. Durian Heng sudah terkenal seantero jagat. Banyak pecinta durian mancanegara yang rela jauh-jauh melintasi batas negara, hanya untuk mencicip durian Musang King di sini.

Usai memesan air kelapa muda yang diminum dari batoknya, durian Musang King pun datang. Begitu dibelah, kami terpukau oleh warnanya yang kuning emas. Cantik. Aromanya harum. Dagingnya padat, terasa begitu creamy, bijinya kecil. Rasanya? Manis campur sedikit pahit. 

Kami juga menjajal durian Duri Hitam (black thorn). Ukuran buahnya lebih kecil dari Musang King. Dagingnya sama-sama padat dan berbiji kecil. Tapi rasanya, lebih manis ketimbang Musang King. 

Baca juga : India Tuding Pakistan Bertanggung Jawab

Ada juga rekan yang menjajal durian Udang Merah (red prawn). "Yang ini, dagingnya berwarna oranye mirip udang rebus. Teksturnya sangat lembut seperti mentega. Rasa manis sedikit pahit," ujar Aldion Wirasenjaya, kawan jurnalis dari Medan.

Owner Durian Heng, Ah Heng dan anak laki-lakinya. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka)

"Kami menyediakan 40 varietas durian. Antara lain,  Musang King, D13, Kang Hai, D101, Tekka, Kasap, Jing Feng, Red Prawn, Kampung. Harganya juga macam-macam. Per kilonya, kami jual dengan harga 5-20 ringgit Malaysia. Untuk pembelian di atas 10 kg, ada harga khusus," ujar Ah Heng,  Owner Durian Heng.

Baca juga : Tetap Kerja Di Hari Terakhir Ngepos Di Jakarta

Selepas mencicipi lezatnya aneka varian King of Fruit tersebut, tangan pastinya berbau durian. Meski sudah cuci tangan pakai sabun, kadang baunya masih saja tertinggal. Soal ini, Ah Heng punya tips khusus. 

"Kulit duriannya jangan dibuang. Tuang sedikit air di dalam kulit durian yang berbentuk cekungan tersebut. Lalu, cuci tangan dengan air tersebut. Diamkan satu menit, baunya langsung hilang," jelas Heng. [HES]


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.