Dark/Light Mode

Hari Pertama Buka, Pub dan Bar Penuh Sesak

Social Distancing Di Inggris Sudah Nggak Berlaku

Minggu, 5 Juli 2020 23:05 WIB
Inilah pemandangan di kawasan Soho, London.  Foto: dailymail
Inilah pemandangan di kawasan Soho, London. Foto: dailymail

RM.id  Rakyat Merdeka - Aturan jaga jarak alias social distancing di Inggris sudah nggak berlaku. Di hari pertama dibolehkan buka, Sabtu (4/7) lalu, pub dan bar dibanjiri pengunjung. Tak ada lagi jaga jarak. Semua seolah merubung jadi satu. 

Polisi di kawasan Devon dan Cornwall mendapat lebih dari seribu komplain dari warga gara-gara kelakuan orang mabuk. Di Nottinghamshire, pub ditutup lebih awal karena terjadi keributan antar pengunjung. Empat orang ditahan. 

Baca juga : Sudah Dilarang, Lansia dan Anak-anak Masih Juga Datang ke CFD, Katanya Nggak Tahu...

Namun yang paling jadi sorotan media ada di Soho, London. Di sepanjang jalan kawasan yang dikenal sebagai distrik hiburan ini, orang tumpah ruah. Mayoritas nongkrong sambil mencekek leher botol atau memegang gelas plastik berisi minuman beralkohol. 

Puluhan polisi yang berpatroli di sini tak kuasa menegakkan aturan jaga jarak 1 meter yang dikumandangan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. 
Sementara paramedik sibuk menolong para pemabuk yang keleleran di jalan. Kejadiannya macem-macem. Ada yang pingsan, muntah, atau nyemplung got. 

Baca juga : Menteri Erick: Alhamdulillah Saya Diberi Kesehatan dan Bisa Ngantor Terus

Ketua Federasi Kepolisian Inggris dan Wales, John Apter menyatakan, “jelas sudah orang mabuk tak akan dan tak mau mentaati aturan jaga jarak,” tegasnya. 

Namun minggu pagi, Menteri Kesehatan Inggris Matt Hancock justru menyatakan pembukaan pub dan bar sukses besar. Dia mengklaim para tukang minum ini benar-benar bisa bertanggung jawab. 

Baca juga : Ingat Ya, Kalau Nggak Penting Amat Baiknya Di Rumah Saja

“Sementara pengacau yang berjumlah sedikit akan menghadapi konsekuensi hukum,” jelasnya. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.