Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI

3 Suster Jadi Pasukan Pengibar Bendera di KBRI untuk Takhta Suci

Selasa, 18 Agustus 2020 21:58 WIB
Tiga suster menjadi pasukan pengibar bendera pada Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di KBRI untuk Takhta Suci. [Foto: KBRI untuk Takhta Suci]
Tiga suster menjadi pasukan pengibar bendera pada Upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI di KBRI untuk Takhta Suci. [Foto: KBRI untuk Takhta Suci]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pada Senin, 17 Agustus 2020, pukul 09:30 waktu Italia, KBRI untuk Takhta Suci juga menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Pelaksanaan upacara yang bertempat di halaman kantor KBRI untuk Takhta Suci ini cukup unik, karena dilakukan tiap dua tahun sekali. Alasannya, di Roma, Italia, terdapat dua KBRI, yakni KBRI Roma dan KBRI untuk Takhta Suci. Sehingga upacara dalam rangka peringatan HUT proklamasi kemerdekaan RI disepakati diadakan bergantian tiap tahunnya.

Baca juga : Semarakkan HUT Ke-75 RI, Petani Mangga Di Sumedang Pasang Perangkap Hama Merah Putih

Mengingat kondisi pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan diwaspadai di Vatikan dan Italia, terdapat penyederhanaan pelaksanaan upacara dari sisi tata urutan dan jumlah petugas dan pasukan.

Tata urutan upacara hanya meliputi pengibaran bendera, diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, mengenang detik-detik Proklamasi, yang diiringi bunyi gong selama satu menit, pembacaan Teks Proklamasi, pembacaan doa, dan aubade.

Baca juga : Rayakan Kemerdekaan, 11 Tahun Tokopedia Bangga Bersama UMKM

Tata urutan ini telah sesuai dengan ketentuan dalam Pasal 20 UU No. 9 Tahun 2010, tentang Keprotokolan yang mengatur tata urutan minimum upacara HUT Proklamasi Kemerdekaan RI. Sementara untuk petugas dan pasukan upacara, jumlahnya juga sangat dibatasi dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam jajaran petugas upacara, Lina Yanti Dilliane, Koordinator Fungsi Sosial dan Budaya yang merangkap sebagai Kuasa Usaha Sementara KBRI untuk Takhta Suci, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sementara Kolonel Laut (E) Wachyad, Atase Pertahanan KBRI Roma, bertugas sebagai Komandan Upacara.

Baca juga : Semarakkan HUT RI Ke-75, Pemprov DKI Minta Warga Pasang Bendera

Hal unik lainnya dalam penyelenggaraan upacara kali ini adalah, turut sertanya para rohaniwan dan rohaniwati Katolik Indonesia sebagai petugas upacara. Yakni, tiga suster sebagai pasukan pengibar bendera dan dua frater sebagai petugas pembaca Teks Proklamasi dan doa. Selain itu, terdapat paduan suara dari para suster Suore Catechiste del Sacro Cuore yang mempersembahkan lagu Hari Merdeka dan Tanah Airku saat aubade.

Di antara undangan, hadir Dubes RI untuk Italia, merangkap Malta, San Marino, dan Siprus serta organisasi internasional FAO, IFAD, WFP, dan UNIDROIT, Esti Andayani; Wakil Dubes RI untuk Italia, J.S. George Lantu; perwakilan staf KBRI untuk Takhta Suci dan KBRI Roma, serta masyarakat dan rohaniwan Katolik Indonesia di Vatikan dan Italia. PYB

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.