Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Trump atau Biden

Inilah Ritual Dukun-dukun Peru Lindungi Capres AS Pilihan

Selasa, 29 September 2020 08:05 WIB
Trump atau Biden Inilah Ritual Dukun-dukun Peru Lindungi Capres AS Pilihan

RM.id  Rakyat Merdeka - Dukun-dukun Peru saling adu kesaktian dalam Pilpres AS. Mereka melakukan sejumlah ritual untuk melindungi calon presiden favorit mereka.

Dengan asap dupa, bunga, dan foto Donald Trump dan Joe Biden, sejumlah dukun Peru melakukan ritual leluhur. Sambil menyanyikan dan meniup instrumen cangkang Andes tradisional, para dukun yang mengenakan pakaian warna-warni itu menyerukan "Pachamama", atau ibu bumi, agar pemungutan suara di AS berlangsung damai. Tanpa serangan atau sihir apa pun di antara para pesaingnya.

Guru dukun, Ana María Simeon, menggelar ritual di sebuah ruangan remang-remang di sebuah bangunan tua di pusat Kota Lima. Dia mengaku mendukung Biden. Dia mengatakan, Biden telah mengalami serangan magis.

Baca juga : Trump Baru Mau, Biden-Harris Sudah Hubungi Keluarga Blake

"Itulah sebabnya kami membersihkannya, kami telah melihat bahwa mereka menyerangnya dengan sihir, dengan boneka hitam, dengan boneka voodoo,” ucap wanita yang disapa Ana, seperti dilansir Reuters.

Selama ritual, para dukun, yang sebagian mengenakan ponco dan jubah Andes, menggosok tanaman obat, buah-buahan, dan bahkan ular hidup pada foto Biden dan Trump. Berbeda dengan Ana, Pablo Torres, yang merupakan salah satu dukun utama di Peru menyatakan dukungannya pada Trump.

Torres mengatakan, dia akan menyerahkan segala kemampuan untuk membantu membantu Trunp memenangkan pemilihan umum AS.

Baca juga : Trump Nggak Nyangka Biden Pilih Wapres Kamala Harris

"Energi yang bagus untuk Tuan Donald Trump. Mengapa? Karena dia pantas. Dia butuh energi yang bagus, getaran yang baik dari para pengikutnya. Kami adalah pendukung pria itu. Dia akan menang; dia adalah seorang pemenang," ungkapnya.

Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos pada pertengahan September, Biden memimpin atas Trump secara nasional di antara kemungkinan pemilih AS dengan 9 poin persentase. Dengan 50 persen dari kemungkinan pemilih berencana untuk memberikan suara untuk Biden, sementara 41 persen melakukan hal yang sama untuk Trump. [MEL]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.