Dark/Light Mode

Pentagon Siap-siap Nyambut Prabowo

Kamis, 15 Oktober 2020 17:05 WIB
Pentagon Siap-siap Nyambut Prabowo

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden AS Donald Trump bersiap menyambut kedatangan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pentagon pada Jumat (15/10).

AS kini telah mencabut larangan masuk ke Negeri Paman Sam, yang sebelumnya dikenakan terhadap Prabowo atas tuduhan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

Prabowo, yang pernah menjadi Komandan Pasukan Khusus, kini menjadi tokoh kunci bagi AS yang ingin meningkatkan hubungan pertahanan dengan Indonesia, negara mayoritas muslim terbesar di dunia.

Baca juga : Bang Yos Hibur Prabowo

Pejabat Senior Pertahanan AS mengapresiasi rencana kedatangan Prabowo ke Pentagon, dan pertemuannya dengan Menteri Pertahanan Mark Esper.

"Prabowo adalah Menteri Pertahanan yang ditunjuk Presiden dua kali terpilih, Joko Widodo. Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia," kata pejabat yang tak menyebutkan namanya itu, seperti dikutip Reuters, Kamis (15/10).

"Dia adalah rekan kami, dari kemitraan yang sangat penting. Penting bagi kami untuk terlibat dengan Prabowo, dan memperlakukannya sebagai mitra," imbuhnya.

Baca juga : Fadli Dianggap Gigit Prabowo

Santer disebut, Prabowo akan menerima pengarahan resmi di Washington DC. Kamis (15/10), karena Jakarta mempertimbangkan rencana pembelian jet tempur dari Moskow.

AS diperkirakan akan kembali memperingatkan Jakarta, tentang rencana pembelian senjata besar-besaran dari Moskow.

Para ahli menyebut, peringatan tersebut kerap disuarakan AS kepada mitranya di seluruh dunia, karena membeli jet tempur Rusia dapat memicu sanksi AS di bawah Undang-Undang Penentang Amerika Melalui Sanksi AS (CAATSA). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.