Dark/Light Mode

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono

Untuk Kepentingan RI, Benarkah Trump Lebih Baik Ketimbang Biden?

Sabtu, 31 Oktober 2020 13:58 WIB
Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono Untuk Kepentingan RI, Benarkah Trump Lebih Baik Ketimbang Biden?

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebentar lagi, rakyat Amerika Serikat akan memilih presidennya. Memilih kembali Trump, atau memilih penantangnya Biden. Kita lihat, kampanye yang dilakukan oleh kedua kandidat makin seru. Bahkan, maaf, sering kali melampaui norma-norma demokrasi yang patut.

Alhasil, politik Amerika yang sudah panas dan masyarakatnya pun sudah terbelah (divided), membuat situasi politik di negeri itu bertambah buruk. Apalagi saat ini, korban pandemi virus Corona juga makin meningkat di Amerika.

Baca juga : Pengelolaan Sumber Daya Kemaritiman Perlu Lebih Dioptimalkan

Sebenarnya, menurut pengamatan saya, situasi pemilihan presiden Amerika Serikat yang boleh dikatakan “cross the line”, atau melampaui batas ini jarang terjadi.

Saya pernah menyaksikan debat-debat capres Amerika sebelumnya. Mulai dari Bush lawan Al Gore, Bush lawan John Kerry, Obama lawan McCain, Obama lawan Mitt Romney, hingga Trump lawan Hillary Clinton. Kecuali Mitt Romney dan Trump, kebetulan saya pernah bertemu dengan mereka semua.

Baca juga : CEO Ruangguru: Masuk Stanford Jauh Lebih Susah Ketimbang Harvard

Apalagi dengan Bush dan Obama, di samping bersahabat, kami juga pernah bekerja sama. Sementara itu, rakyat Indonesia tahu, sebagai calon presiden, saya juga pernah melakukan debat.

Rasanya, sepanas apa pun suasana kontestasi yang ada, kami masih bisa menahan diri dan tetap menjaga etika. Tidak seperti yang ditunjukkan oleh Trump dan Biden ketika berdebat beberapa saat yang lalu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.