Dark/Light Mode

Sekolah dan Kampus Tetap Buka

Mulai Kamis, Inggris Lockdown Lagi Selama 4 Minggu

Minggu, 1 November 2020 07:17 WIB
Sekolah dan Kampus Tetap Buka Mulai Kamis, Inggris Lockdown Lagi Selama 4 Minggu

RM.id  Rakyat Merdeka - PM Inggris Boris Johnson akhirnya mengumumkan lockdown nasional kedua, untuk mencegah dampak yang lebih buruk akibat lonjakan kasus Covid di negaranya. Terutama, untuk mencegah bencana medis dan moral Pusat Kesehatan Nasional Inggris (NHS).

Johnson mengatakan, Natal tahun ini akan beda. Ia berharap, langkah yang diambilnya saat ini bisa membantu mengurangi dampak lonjakan Covid. Sehingga, warga dapat berkumpul dengan keluarga di libur Natal nanti.

"Klub malam, restoran, pusat kebugaran, dan toko-toko non esensial akan tutup selama 4 pekan, mulai Kamis. Setelah 2 Desember, pembatasan akan dilonggarkan," ujar Johnson seperti dikutip BBC, Sabtu (31/10).

Baca juga : MUI-Muhammadiyah Tidak Langsung Luluh

"Natal tahun ini akan berbeda. Bahkan mungkin, akan sangat beda. Namun, saya percaya, upaya yang kami tempuh saat ini dapat membantu orang-orang berkumpul kembali dengan keluarganya di libur Natal nanti," lanjutnya.

Dalam konferensi pers di Downing Street, Johnson yang memutuskan tidak akan meliburkan sekolah, kampus, dan universitas juga minta maaf atas dampak lockdown yang memukul dunia bisnis.

Johnson bilang, sistem cuti dengan membayar 80 persen gaji, akan diperpanjang sampai November.

Baca juga : OYO Indonesia Catat 5,5 Juta Booking Selama 2 Tahun

"PM yang bertanggung jawab, tak akan mengabaikan angka kematian yang mencapai ribuan dalam sehari. Apalagi, dengan puncak angka kematian, yang lebih buruk dibanding April," papar Johnson.

Ia menyebut, rumah sakit di barat daya Inggris dengan jumlah kasus terendah saja, bisa kewalahan dalam beberapa pekan mendatang.

"Dokter dan perawat akan diminta memilih, siapa saja pasien yang akan dirawat, yang akan mendapat pasokan, siapa yang harus tetap hidup, dan siapa yang harus mati," tutur Johnson.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.