Dark/Light Mode

Banyak Yang Kirim Suara Lewat Pos

Pemenang Pilpres AS Tak Bisa Langsung Diketahui Di Malam Pemilu

Senin, 2 November 2020 14:53 WIB
Seorang pemilih menyerahkan surat suara di Dayton, Negara Bagain Ohio. [Foto: Getty/Megan Jelinger/AFP]
Seorang pemilih menyerahkan surat suara di Dayton, Negara Bagain Ohio. [Foto: Getty/Megan Jelinger/AFP]

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski perkiraan pemenang pemilu presiden Amerika Serikat (AS) dapat dilihat di malam pemilihan, kemungkinan ini bakal berubah dengan besarnya jumlah pemilih yang menyerahkan suaranya via pos.

Hasil hitung suara di sejumlah negara bagian pun bakal sedikit mundur dengan berubahnya pilihan para pemilih untuk menyerahkan hak pilihnya.

The New York Times melakukan survei ke setiap Negara Bagian mengenai proses pengumpulan suara via pos, dan proses hitung suara hingga Rabu siang (4/11) waktu setempat. Ada banyak ketidakpastian dalam pemilihan umum kali ini. Namun ada beberapa hal yang biaa dirangkum.

Baca juga : Joe Biden Masih Unggul Di Swing States

Yang paling utama adalah, kemungkinan tidak adanya hasil hitung suara total di malam pemilu. Meski semua suara yang diserahkan pemilih di hari-H pemilihan umum dihitung, penghitungan surat suara yang dikirim pemilih dari 22 Negara Bagian dan District of Colombia akan sedikit terlambat. Pasalnya, surat suara ini datang tergantung seberapa cepat surat tersebut dikembalikan pemilih.

Hanya delapan negara bagian saja yang bisa mengeluarkan hasil hitung cepat dan mengumumkan hasil tidak resmi di malam pemilihan. Di New York dan Alaska, misalnya, mereka tidak akan mengumumkan hasil hitung suara di malam pemilihan.

Para panitia pemilu di Michigan dan Pennsylvania, dua wilayah pertarungan Donald Trump dan Joe Biden bahkan melaporkan, bahwa pengumuman penghitungan surat suara bisa memakan waktu berhari-hari.

Baca juga : Biden ke Trump: Bisa Diam Nggak!

Bertambahnya jumlah pemilih via pos akan menghasilkan penghitungan suara sementara. Ini juga menambah jumlah pemilih suara sementara. Surat suara ini baru bakal dihitung jika keabsahan hasil suara pemilu tak dipertanyakan.

Biasanya, jumlah surat suara sementara tidak begitu banyak. Namun, mengingat besarnya pemilih yang menyerahkan hak suara via pos, penghitungan suara dengan surat suara sementara ini bisa saja menentukan.

Surat suara sementara ini bisa dipilih pemilih di 22 Negara Bagian. Mereka bisa memilih untuk mengambil surat suara sementara, jika mereka ragu akan memilih via pos atau langsung.

Baca juga : PDIP Mau Pilkada Jalan Terus

Surat suara sementara ini akan memperlambat proses penghitungan suara, karena biasanya dikirim mendekati hari pemilu dan atau di hari pemilu berlangsung.

Hasil resmi penghitungan suara pun tidak akan keluar sebelum diresmikan di setiap Negara Bagian. Setidaknya, hasil ini akan keluar beberapa pekan usai pilpres berlangsung.

Hasil hitung suara sementara di malam pemilihan pun akan bervariasi di setiap Negara Bagian. Satu partai akan terlihat unggul, sementara pesaingnya nampak gagal total. Namun, ini tidak bisa dijadikan patokan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.