Dark/Light Mode

Pilpres AS

Biden Unggul Sementara, Trump Kuasai Benteng Republik

Rabu, 4 November 2020 09:36 WIB
Pilpres AS Biden Unggul Sementara, Trump Kuasai Benteng Republik

RM.id  Rakyat Merdeka - Kandidat Presiden AS dari Partai Demokrat, Joe Biden berhasil mengungguli petahana Donald Trump dalam perhitungan awal Pilpres 2020. Biden mengantongi 89 suara elektoral. Sedangkan Trump, 54. 

Biden berhasil mencatat kemenangan di sejumlah negara bagian yang merupakan basis Partai Demokrat di wilayah Timur AS, Selasa (3/11). Yakni Virginia, Illinois, Maryland, New Jersey, Massachusetts, Connecticut, Vermont, Rhode Island, Delaware dan Washington DC.

Baca juga : Biden Cetak Kemenangan Perdana Di Vermont, Trump Unggul Di Kentucky Dan Indiana

Sementara Trump, dilaporkan menang mudah di beberapa benteng Republik di wilayah selatan dan Midwest. Seperti Indiana, Kentucky, Tennessee, Carolina Selatan, Alabama, Mississippi, Virginia Barat dan Oklahoma.

Sementara negara bagian Florida, yang menjadi medan pertempuran penting dalam Pilpres ini, belum melaporkan hasilnya. Negara bagian ini memegang 29 suara elektoral.

Baca juga : Joe Biden Masih Unggul Di Swing States

The New York Times menyebut,  Trump memiliki peluang lebih dari 95 persen dalam memenangkan pertarungan di Florida.

Terlebih, di Pilpres 2016, Trump berhasil mengalahkan kandidat Demokrat Hillary Clinton di negara bagian tersebut.

Baca juga : Menkeu: Pemerintah Terus Berjuang Perbaiki Ekonomi

Tak banyak yang bisa dilakukan Trump dan Biden dalam memastikan kemenangannya, selain menunggu para petugas menghitung suara. Hasilnya baru akan datang, ketika pemungutan suara ditutup di Georgia, sebagian besar Florida pada pukul 19:00, di Ohio pada pukul 19:30 dan di Pennsylvania, Maryland, Missouri, New Jersey, dan negara bagian lain pada pukul 8 malam.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.