Dark/Light Mode

Seminggu Pasca Tragedi Christchurch

Jumatan Di Selandia Baru Membuat Iri Seluruh Dunia

Minggu, 24 Maret 2019 08:12 WIB
Umat Muslim salat Jumat di Hagley Park, dekat Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru. (Foto Kai Schwoerer/Getty Images)
Umat Muslim salat Jumat di Hagley Park, dekat Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru. (Foto Kai Schwoerer/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cara Selandia Baru menangani terorisme membuat iri seluruh dunia. Buktinya, banyak warga Selandia Baru turun ke jalan menjaga Muslim menggelar sholat Jumat. Negeri Kiwi ini sukses membuat mayoritas melindungi minoritas.

Jumat pekan lalu, Selandia Baru diserang teroris biadab. Dua Masjid di Kota Christchurch diberondong peluru. 50 orang tewas. Namun, Negeri Kiwi ini cepat bangkit, Perdana Menteri hingga rakyatnya kompak melawan terorisme.

Baca juga : Peringati Tragedi Christchurch, 3.000 Orang Gelar Aksi Damai March for Love

Beragam acara kemanusiaan digelar. Puncaknya kemarin, ribuan orang berkumpul di Hagley Park, dekat masjid Al-Noor, tempat kejadianperkara.

Empati dan simpati ditunjukkan warga Kota Christchurch dengan memasang antara lain berupa spanduk atas keluarga korban dan juga bagi umat Islam di kota itu. Berkerudung, PM Selandia Baru Jacinda Ardern bergabung dengan ribuan warga yang berdukacita di dekat masjid Al-Noor.

Baca juga : Salat Jumat Jadi Perhatian Warga Selandia Baru

Para wanita, kompak menggunakan kerudung sebagai bentok solidaritas. Lainnya, dengan caranya masing- masing. Misalnya, kelompok geng motor yang ikut membuat rantai manusia menjagai masjid.

Sebelum salat dimulai, Ardern berpidato mengungkapkan belasungkawa. “Selandia Baru berduka bersama Anda, kita adalah satu,” ujar Ardern, kemarin.

Baca juga : Perempuan Selandia Semangat Berkerudung

Ardern pun mengutip pernyataan Nabi Muhammad SAW. “Menurut Nabi Muhammad... orang-orang yang beriman dalam kebaikan, kasih sayang, dan simpati mereka bagaikan satu tubuh. Ketika satu bagian sakit, seluruh tubuh merasakan sakit,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.