Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cairkan Ketegangan

Presiden Taiwan Ajak China Dialog

Sabtu, 2 Januari 2021 05:23 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto : RTI).
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen. (Foto : RTI).

 Sebelumnya 
Kamis (31/12), dua kapal perang AS berlayar melalui Selat Taiwan. Kejadian ini memicu aksi protes dari Beijing. Apalagi, hal itu terjadi selang dua pekan setelah kapal induk China meng­gunakan jalur air yang sama.

Angkatan Laut AS menga­takan, kapal perusak berpeluru kendali USS John S. McCain dan USS Curtis Wilbur telah melakukan transit rutin Selat Taiwan pada 31 Desember sesuai dengan hukum internasional.

Baca juga : JIK Tegaskan, Pelarangan FPI Bukan Berarti Pemerintah Anti Islam

“Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komit­men AS terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat akan terus ter­bang, berlayar, dan beroperasi di mana pun hukum internasional mengizinkan,” pernyataan resmi Angkatan Laut AS seperti yang dikutip Reuters.

Kementerian Pertahanan China mengecam perjalanan itu sebagai aksi provokasi dan unjuk kekuatan. Kementerian Pertahanan China menambah­kan, lintasan kapal mengirim pesan yang salah kepada pendu­kung kemerdekaan Taiwan dan merupakan ancaman serius bagi perdamaian dan stabilitas.

Baca juga : Awas, Pasang Kembang Api Di Malam Tahun Baru Bisa Ditangkap

“Tentara Pembebasan Rakyat China mempertahankan kewas­padaan tingkat tinggi setiap saat, menanggapi semua ancaman dan provokasi setiap saat, dan dengan tegas membela kedaulatan nasional dan integritas wilayah,” kata kementerian itu.

Sementara, Kementerian Per­tahanan Taiwan mengatakan, ka­pal-kapal tersebut berlayar ke arah utara melalui selat yang disebutnya sebagai “misi biasa”. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.