Dark/Light Mode

Di India, Petugas Kebersihan Disuntik Vaksin Covid Duluan

Sabtu, 16 Januari 2021 22:59 WIB
Di India, Petugas Kebersihan Disuntik Vaksin Covid Duluan

RM.id  Rakyat Merdeka - Manish Kumar, petugas kebersihan di All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), New Delhi menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di India, Sabtu (16/1).

Proses vaksinasi tersebut disaksikan langsung oleh Menteri Kesehatan India, Harsh Vardhan.

Berita Terkait : Pertama Di Dunia, Penerima Vaksin Covid-19 Di Tanah Air Bisa Registrasi Via WA

Dengan 3.006 titik vaksinasi, kampanye vaksinasi Covid di India merupakan yang terbesar di dunia. Sebanyak 300.600 warga India ditargetkan kelar divaksin di hari pertama program vaksinasi ini.

Perdana Menteri India Narendra Modi tampak berlinang air mata, saat menyampaikan pidato virtualnya di hari pertama program vaksinasi Covid.

Berita Terkait : KPK Siap Jalani Vaksinasi Corona

"Penyakit Covid memisahkan orang-orang dari keluarganya, menjauhkan seorang ibu dari anak-anaknya, bahkan membuat orang yang meninggal dunia tak bisa mendapat salam perpisahan dari keluarga," kata Modi.

Dalam pidato tersebut, Modi tak menjelaskan apakah ia akan disuntik atau tidak. Yang pasti, di India, politisi tak masuk dalam daftar pekerja yang berada di garda terdepan. Sehingga layak untuk mendapat prioritas vaksinasi.

Berita Terkait : Gubernur Koster Jadi Yang Pertama Divaksin Covid-19 Di Bali

India yang memiliki jumlah penduduk yang hampir 1,4 miliar merupakan negara terpadat di dunia setelah China. Namun, pemerintah India tidak akan mengikutsertakan seluruh warganya dalam program vaksinasi, untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity.
 Selanjutnya