Dark/Light Mode

Ikut Merayakan Pelantikan Presiden AS

Warga Kampung Kakek Harris Di India Semarak

Kamis, 21 Januari 2021 05:58 WIB
Warga desa Thulasendrapuram, kampung kakek Harris, di India ikut menyambut momen pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris. (Foto : Reuters).
Warga desa Thulasendrapuram, kampung kakek Harris, di India ikut menyambut momen pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris. (Foto : Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kebahagiaan atas pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris, sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) Amerika Serikat (AS) tidak hanya dirasakan warga Negeri Paman Sam saja. Warga desa Thulasendrapuram, kampung kakek Harris, di India ikut menyambut momen tersebut.

Thulasendrapuram, ada­lah desa kecil di Negara Bagian Tamil Nadu, India. Sekitar 350 Kilometer (Km) di sebelah selatan Kota Chennai. Wilayah­nya subur dan hijau. Sebagian wilayahnya ditanami padi.

Harris merupakan wanita per­tama keturunan Asia-Amerika menjadi pemimpin di AS.

Berita Terkait : Anginnya Kencang, Biang Keroknya Kabur

“Kami merasa sangat bangga bahwa seorang India terpi­lih sebagai Wapres AS,” kata Anukampa Madhavasimhan, guru di desa itu, seperti dikutip dari Channel News Asia.

Ikut menyambut pelantikan, penduduk desa tersebut berkum­pul di restoran. Selain itu, mereka memasang spanduk bergambar Harris di beberapa tempat. Warga setempat juga membagikan kalender bergambar Biden dan Harris ke seluruh desa.

Kegiatan lainnya, warga desa memanjatkan doa khusus di pura. Pandita memandikan patung Dewa Hindu Siwa dengan susu, lalu dihiasi dengan bunga.

Berita Terkait : Bamsoet Ucapkan Selamat Ke Biden Dan Kamala

Warga desa berharap karier Harris terus menanjak. Bisa menjadi orang nomor satu di AS. Hal yang sangat mungkin terjadi. Mengingat usia Biden yang empat tahun mendatang genap 82 tahun. Dan, hingga kini Biden belum pernah me­nyampaikan apakah akan maju kembali atau pensiun.

“Selama empat tahun ke de­pan, jika dia mendukung India, dia akan menjadi presiden,” kata G Manikandan, penjaga toko di desa itu, dikutip Al Jazeera.

Pengelola kuil Sheshadri Ven­katraman juga berharap de­mikian. “Saya berharap Harris baik-baik saja, sukses dan saya berharap setelah empat tahun dia menjadi presiden AS, itu adalah keinginan saya, keinginan yang tulus,” kata Sheshadri.

Berita Terkait : Ingat Trump, Ingat Mega

Sebelumnya, ketika menje­lang Pemilihan Presiden AS November lalu, penduduk di Thulasendrapuram mengadakan upacara khusus di pura Hindu di desa itu, mendoakan kesuksesan bagi Harris. Begitu Harris dinya­takan menang, mereka menyala­kan petasan, dan membagikan permen serta bunga sebagai persembahan keagamaan.
 Selanjutnya