Dark/Light Mode

Batalkan Sanksi, Trump : Korut Sudah Menderita

Sabtu, 30 Maret 2019 15:33 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump
Presiden Amerika Serikat Donald Trump

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Amerika Serikat Donald Trump tak akan menjatuhkan sanksi baru untuk Korea Utara (Korut) karena negara itu sudah menderita. Pekan lalu, Trump menyampaikan cuitan mengejutkan dengan membatalkan sanksi terhadap Korut, padahal sudah direncanakan Departemen Keuangan.

"Mereka sangat menderita di Korea Utara. Mereka mengalami kesulitan. Saya berpikir sanksi tambahan tidak diperlukan. Bukan berarti saya tidak menjatuhkannya nanti, tapi saya berpikir sanksi tambahan pada saat ini tidak diperlukan," katanya, di Florida, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (30/3).

Baca juga : FAJAR SAKA : Kumpulkan Informasi, Kami Sudah Klarifikasi

Dia melanjutkan, meski pertemuannya dengan Kim Jong-un di Vietnam pada Februari lalu tak menghasilkan keputusan apa pun, tapi hubungannya dengan Kim masih sangat baik.

"Kami saling memahami. Saya pikir sangat penting Anda mempertahankan hubungan ini selama Anda bisa," kata Trump.

Baca juga : Bulog Lakukan Sortasi Beras Turun Mutu Di Sumsel

Pengumuman Trump mengherankan, karena sanksi telah ditetapkan untuk diumumkan pada tetapi ia menghentikannya. Meski demikian, AS pekan lalu menjatuhkan sanksi kepada dua perusahaan pelayaran China karena berurusan dengan Korut.

Kebijakan Trump terhadap Korut, sangat kontras dengan sikapnya terhadap musuh AS lainnya seperti Iran dan Venezuela, yang mana pemerintahannya telah menjatuhkan sanksi. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.