Dark/Light Mode

Gagal Lengserkan PM Prayuth

Demonstran Serbu Parlemen Thailand

Senin, 22 Februari 2021 05:50 WIB
Warga memadati halaman gedung parlemen untuk memprotes lolosnya Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha dari mosi tak percaya. (Foto : Associated Press).
Warga memadati halaman gedung parlemen untuk memprotes lolosnya Perdana Menteri Thailand, Prayuth Chan-ocha dari mosi tak percaya. (Foto : Associated Press).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kondisi politik di Thailand, memanas lagi. Kelompok oposisi di negeri tersebut menggeruduk gedung parlemen pasca Perdana Menteri (PM) Prayuth Chan-ocha dan sembilan menteri, lolos dari usulan mosi tak percaya.

Ribuan pengunjuk rasa ber­kumpul di luar Gedung parle­men Thailand, hingga Sabtu malam (20/2), usai pengumuman parlemen menolak usulan men­jatuhkan opsi mosi tak percaya terhadap PM Prayuth Chan-ocha dan sembilan menteri Negeri Gajah Putih.

Hasil keputusan itu, sudah diprediksi. “Itu mengecewakan, tapi sudah diduga,” kata pemimpin protes, Attapon Buapat, dikutip dari Channel News Asia, kemarin.

Baca juga : Bank Mandiri Perkuat Layanan Di Sektor Kesehatan

Koordinator aksi menjamin unjuk rasa mereka tidak akan berubah menjadi kekerasan. “Tidak ada alasan bagi polisi un­tuk membubarkan demonstrasi ini,” ucap Panusaya “Rung” Sithijirawattanakul.

Wakil juru bicara polisi, Kissa­na Pattanacharoen, mengatakan, para demonstran telah melanggar keputusan darurat untuk mengendalikan pandemi Corona.

“Tugas polisi adalah menjaga ketertiban,” ujarnya saat ditanya apakah akan ada penggunaan kekerasan.

Baca juga : Walhi Dukung Perlindungan Menyeluruh Kawasan Meratus Kalsel

Dalam pemungutan suara, mayoritas anggota dewan me­nyatakan dukungan terhadap Prayuth dan menteri lainnya.

“Hasil perhitungan suara masih ada rasa percaya (pada Perdana Men­teri),” kata Chuan Leekpai, Presiden Dewan Nasional, saat mengumum­kan hasil perhitungan suara.

Sementara, legislator oposisi kecewa dengan hasil pemung­utan suara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.