Dark/Light Mode

Mantan Diplomat Amerika Bicara Di Diskusi Partai Gelora

Stanley Harsha: Indonesia Bisa Maju Lebih Cepat Dari China

Kamis, 4 Maret 2021 17:58 WIB
Stanley Harsha [Foto: Gelora]
Stanley Harsha [Foto: Gelora]

 Sebelumnya 
Indonesia-AS, lanjutnya, bisa melakukan kerjasama regional untuk mempertahankan kawasan dari ancaman negara lain, sehingga ekonominya akan tumbuh. Tidak seperti di Timur Tengah yang penuh dengan konflik.

Kerjasama lain yang bisa ditingkatkan adalah membangun infrastuktur energi terbarukan di Indonesia, karena membutuhkan teknologi dan investasi yang besar. "Jika tidak dimanfaatkan Amerika, celah ini tentu akan diisi oleh negara lain dari sisi bilateral. Karena Indonesia butuh alternatif," katanya.

Baca juga : Warga Ibukota Ngarep Bansos Bisa Cepat Cair

Selanjutnya, kerjasama lain yang bisa dilakukan antara Indonesia-AS adalah transfer teknologi. Kegagalan Indonesia selama ini, menurut Anis, transfer teknologi sudah dilakukan pada masa Orde Baru, namun tidak diintegrasikan dengan sistem ekonomi.

Akibatnya, pertumbuhan teknologi tidak sebanding dengan pertumbuhan ekomomi. “Amerika bisa menjadi patner dalam hal itu," yakinnya.

Baca juga : Semoga Indonesia Solid Dan Mampu Lewati Krisis

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) periode 2013 –2015 ini berharap, ide dan gagasan besar Partai Gelora bisa disampaikan Stanley Harsha ke Presiden Joe Biden dan Kongres AS, serta Partai Demokrat.

"Akan menjadi kerjasama stretegasi bagi Indonesia dan Amerika Serikat, termasuk kerjasama dalam biang pendidikan. Ini agenda yang kita perjuangkan di Indonesia. Bisa di-share ke Demokrat dan Kongres. Ini bagian dari narasi besar Partai Gelora," pungkasnya.

Baca juga : Mantap! Lewat Aplikasi PLN Mobile, Pelanggan Bisa Nikmati Layanan Listrik Dari HP

Diskusi ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal Partai Gelora Mahfuz Sidik, dan dipandu oleh Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri, Henwira Halim. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.