Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kelas Nyinden Dan Tari Jaipong Diserbu Warga Paman Sam

Selasa, 13 April 2021 22:19 WIB
Kelas Nyinden Dan Tari Jaipong Diserbu Warga Paman Sam

RM.id  Rakyat Merdeka - Minat warga Amerika Serikat untuk lebih mengenal Indonesia tidak surut walaupun di tengah situasi pandemi Covid-19. Hal itu tampak dari banyaknya peminat yang mendaftar pada program kelas-kelas virtual Bahasa Indonesia, Nyinden Langgam Jawa, dan Tari Jaipong, yang diselenggarakan dan dibuka KBRI Washington DC Jumat (9/4/2021).

Hampir 300 peminat sudah melakukan registrasi sebelum kelas dibuka untuk periode musim semi dan musim gugur 2021. Menariknya, mayoritas pendaftar adalah warga AS dari berbagai kota, ditambah masyarakat/diaspora Indonesia yang tinggal di Negeri Paman Sam itu.

Wakil Duta Besar/Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Washington DC, Iwan Freddy Hari Susanto yang membuka acara tersebut menekankan, mempelajari Bahasa Indonesia merupakan salah satu cara untuk memperkuat hubungan antara AS dan Indonesia, menumbuhkan rasa percaya dan saling menghormati, serta meningkatkan saling pengertian antar masyarakat kedua negara.

Baca juga : Kadin Resmikan Desa Tangguh Wisata Tasola Lombok

Iwan Freddy pun mengungkapkan kebanggaannya akan antusiasme tinggi yang ditunjukkan para peserta. “Meskipun tahun ini diselenggarakan secara online, saya bangga, jumlah peserta yang telah mendaftar terus meningkat,” ungkapnya.

Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada pihak-pihak yang aktif terlibat dalam mendukung kelas online tersebut, seperti Fulbright AMINEF, American Institute for Indonesian Studies (AIFIS), Consortium for the Teaching of Indonesian (COTI), para instruktur, dan berbagai komunitas di AS yang turut berperan dalam pengembangan bahasa dan promosi budaya Indonesia.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Hilman Farid mengucapkan selamat atas peluncuran program Kelas Bahasa Indonesia Online ini. Hilman percaya, budaya adalah salah satu cara efektif untuk menjembatani hubungan berbagai negara di dunia.

Baca juga : Lucas Sudah Bebas Dari LP Tangerang, Kemarin Malam

Acara pembukaan ini juga dihadiri  Kepala Badan Bahasa Kemendikbud,  E Aminudin Aziz yang juga memberikan paparan singkat mengenai program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA)> Yaitu BIPA Scholarship dan BIPA Fellowship.

“Mempelajari bahasa Indonesia tidak sesulit saat di awal pembelajaran,” imbuhnya, seraya memotivasi para siswa kelas Bahasa Indonesia.

Turut hadir pula Direktur Fulbright AMINEF, Alan Feinstein yang memberikan penjelasan singkat mengenai Fulbright Scholarship, serta apresiasi yang disampaikan Prof Robert W Hefner, Presiden the American Institute for Indonesian Studies (AIFIS).

Baca juga : Lawan Persebaya, Maung Bandung Waspadai Pemain Lokal

“Indonesia merupakan negara yang bukan hanya penting, tapi juga luar biasa bagi warga AS untuk mempelajari bahasa dan budaya,” puji Prof Hefner.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan apik Andrea Decker, mahasiswi program doktor etnomusikologi di California, AS, yang fasih menyanyikan lagu Syantik dan melantunkan langgam Jawa Nyidam Sari.

Stephen Spanos, pemenang Lomba Bahasa Indonesia Online 2020 - Kategori Membaca Puisi, juga turut memeriahkan acara ini dengan menunjukkan kepiawaian berbahasa Indonesia. Acara ditutup dengan pemaparan Popy Rufaidah, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington DC tentang susunan program kelas online tersebut, dan pengenalan para instruktur yang akan mendampingi para siswa dalam beberapa bulan ke depan. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.