Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Saudi Larang Masuk Pendatang Dari 20 Negara

Duh, Jemaah Haji Indonesia Terancam Gagal Berangkat

Jumat, 23 April 2021 05:25 WIB
Pekerja membersihkan kawasan Masjidil Haram. (Foto : Reuters).
Pekerja membersihkan kawasan Masjidil Haram. (Foto : Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Arab Saudi akan membuka penerbangan internasional mulai 17 Mei mendatang, terkait pembatasan pandemi Covid-19. Meski demikian, Saudi tetap menerapkan larangan masuk (travel ban) bagi Indonesia bersama 19 negara lainnya.

Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, dikutip dari Arab News, kemarin menyebutkan, 20 negara yang masuk daftar larangan masuk, yakni Argentina, Uni Emirat Arab, Jerman, Amerika Serikat, Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brazil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis, Lebanon, Mesir, India, dan Jepang.

Baca juga : Belajar Dari Penanganan Corona Di India, Terlena Pangkal Petaka

Data ini dikeluarkan kemente­rian setelah ada pertanyaan dari penduduk, mengenai apakah pencabutan larangan terbang internasional berlaku secara umum atau tidak.

Disebutkan, warga, diplomat, praktisi kesehatan, serta anggota keluarga dari negara-negara yang masuk daftar tersebut telah dilarang masuk sejak 3 Februari. Aturan juga berlaku bagi warga dari negara lain yang melakukan kunjungan ke 20 negara tersebut dalam 14 hari terakhir.

Baca juga : Terawan Tebal Kuping

Travel ban ini tentu terasa mengecewakan, terkait musim haji 2021 ada di depan mata.

Secara terpisah, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengaku tengah melobi Pemerintah Arab Saudi untuk meloloskan calon jemaah haji Indonesia.

Baca juga : Rumah Makan Dilarang Buka Siang Hari Selama Ramadan, Kemenag: Berlebihan

Pemerintah Arab Saudi mem­berikan syarat telah divaksin bagi jemaah yang akan berang­kat haji. Akan tetapi, Saudi be­lum menjelaskan lebih jauh peri­hal kuota dan negara mana saja yang akan diberi izin masuk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.