Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringatan Hari Quds Internasional 2021

Quds, Kiblat Pertama Ummat Islam

Selasa, 4 Mei 2021 14:58 WIB
Konselor Kebudayaan Iran di Indonesia, Mehrdad Rakhshandeh Yazdi, PhD [Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka/RM.id]
Konselor Kebudayaan Iran di Indonesia, Mehrdad Rakhshandeh Yazdi, PhD [Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka/RM.id]

 Sebelumnya 
Peringatan Hari Quds setiap tahunnya pada dasarnya mengingatkan realita tersebut bagi umat Islam dan seluruh dunia. Sangat disayangkan sekali, sebagian negara Muslim tidak mampu memahami fungsi Hari Quds untuk dunia Islam atau mereka terpaksa menjalankan keinginan-keinginan Amerika dan kekuatan-kekuatan besar karena ketergantungan terhadap mereka. Pada akhirnya, permasalahan Palestina dan Hari Quds dilupakan dan dihapus dari prioriatas kebijakan luar negeri mereka.

Sekarang kita harus bertanya kepada diri sendiri, ketika melihat sebagian wilayah Islam seperti Quds masih dijajah, apakah belum tiba waktunya bagi umat Islam untuk menghentikan perpecahan dan perselisihan serta bersatu dalam rangka kemerdekaan Quds yang pernah menjadi kiblat pertama umat Islam dengan berbekal tawakal dan harapan pertolongan dari Allah SWT? Apakah belum tiba waktunya untuk mewujudkan persatuan dan persaudaraan yang selalu ditekankan oleh Alquran?

Baca juga : Sean Gelael Raih Posisi Ketiga Balap Internasional WEC 2021, Bamsoet Bangga

Tentu saja jawabannya adalah bahwa urgensi persatuan dan kesatuan yang diserukan Islam dan Alquran dalam banyak ayatnya untuk umat Islam, mewajibkan seluruh kaum Muslimin untuk menyatakan, bahwa agresi kekuatan apapun, meski terhadap sejengkal tanah di wilayah Islam. berarti agresi terhadap umat Islam di Timur dan Barat dunia. Demikian pula menuntut umat Islam untuk meyakini, bahwa seluruh kaum Muslimin memiliki hak dalam setiap jengkal tanah di wilayah Islam dan wajib berjuang untuk mempertahankannya.

Umat Islam harus bergandengan tangan di bawah bendera persatuan, mengesampingkan segala bentuk perselisihan dan memberikan segala perhatian terhadap Hari Quds. Tentunya, peringatan Hari Quds dengan terciptanya persatuan di kalangan umat Islam akan menghilangkan tantangan dan problema terbesar dunia Islam, yaitu kejahatan Zionis terhadap bangsa Palestina yang tertindas dan dapat menyelamatkan mereka dari kejahatan musuh-musuh mereka.

Baca juga : Ada Peringatan Hari Buruh, Polisi Tutup 9 Jalan Di Jakarta

“Sesungguhnya umat (agama Tauhid) ini adalah umat (agama) kalian semua; umat (agama) yang satu dan Aku adalah Tuhanmu, maka sembahlah Aku.” [QS. Al-Anbiya’ (21): 92]

Seluruh umat Islam dengan parameter bersama, seperti Kabah, satu kiblat, haji adalah umat yang satu. Quds adalah salah satu syiar Islam dan simbol persatuan umat Islam. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.